logo CNN Indonesia

Iklan Revolusi Mental Jokowi Bakal Habiskan Rp 140 Miliar

, CNN Indonesia
Iklan Revolusi Mental Jokowi Bakal Habiskan Rp 140 Miliar Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, di Jakarta, beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Antara Photo/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) merancang pembuatan iklan dan sosialiasi revolusi mental. Program ini akan mengambil dana anggaran sebesar 140 miliar rupiah.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago. "Revolusi mental itu kan mengubah perilaku, jadi kampanye iklannya untuk mengubah perilaku," kata Andrinof di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/2).

Anggaran 140 miliar ini akan dialokasikan untuk pembuatan iklan, film, dan dialog publik, yang mampu memberikan ruang para tokoh agama agar lebih banyak membicarakan perubahan perilaku yang mengarah ke positif.

Kelak, program ini akan berjalan lintas sektor di bawah Kementerian Agama, Kementerian Sosial, dan Kementerian Pendidikan, yang akan dipimpin oleh Puan Maharani.

Sebelumnya, Jokowi-JK pada masa kampanye Pemilihan Presiden 2014 menjanjikan akan melaksanakan program revolusi mental yang ditujukan sebagai perubahan perilaku.

Menurutnya Revolusi Mental berarti warga Indonesia harus mengenal karakter orisinal bangsa. Karena menurut Jokowi, Indonesia merupakan bangsa yang berkarakter santun, berbudi pekerti, ramah, dan bergotong royong, dan karakter tersebut diyakini menjadi modal yang seharusnya dapat membuat rakyat sejahtera.

"Tapi saya tidak tahu kenapa, sedikit demi sedikit (karakter) itu berubah dan kita tidak sadar. Yang lebih parah lagi tidak ada yang nge-rem. Yang seperti itulah yang merusak mental," ujar Jokowi waktu itu.

Melalui perubahan karakter bangsa tersebut, Jokowi yakin bisa memberantas akar yang menjadi munculnya korupsi, kolusi, nepotisme, etos kerja tidak baik, bobroknya birokrasi, sampai ketidaksiplinan. “Oleh sebab itu, saya menawarkan ada sebuah revolusi mental,” ujar Jokowi lagi. (ded/ded)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video