logo CNN Indonesia

India, Arab Saudi, Portugal, Objek Baru Obral Visa Jokowi

, CNN Indonesia
India, Arab Saudi, Portugal, Objek Baru Obral Visa Jokowi Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan sambutan saat jumpa pers penyelenggaraan Tour de Singkarak 2015 di Jakarta, Jumat (12/6). (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pariwisata menargetkan akan menambah 30 negara baru yang warganya dapat masuk ke Indonesia tanpa visa tahun depan. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan tiga negara yang sudah dipastikan masuk ke dalam daftar itu adalah India, Arab Saudi, dan Portugal.

“India itu ada sekitar 300 ribu wisatawan mancanegaranya (wisman) yang datang ke Indonesia setiap tahun. Arab Saudi itu menyumbang jumlah wisman terbesar dari Timur Tengah. Selain itu, juga masih ada yang dari Eropa, seperti Portugal itu bisa masuk,” ujar Arief di kantornya, Jakarta, Senin (29/6).

Arief mengungkapkan pemerintah telah menyampaikan rencana pemberian fasilitas bebas visa tersebut kepada perwakilan negara-negara terkait. Menurut mantan bos PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) itu, respons dari tiga negara tersebut baik dan menyatakan berminat untuk menerima fasilitas bebas visa.

“Dengan perwakilan India saya sudah pernah bertemu, dengan Portugal saya sudah bertemu duta besarnya. Dengan Arab Saudi saya tidak ketemu dengan duta besarnya tapi perwakilan di Dubai waktu ada acara,” ujarnya.

Menurut Arief, Indonesia harus mengikuti langkah negara lain yang menjadikan fasilitas bebas visa sebagai alat untuk menarik turis asing. Ia mencontohkan Malaysia yang memberikan fasilitas bebas visa pada 164 negara dan Thailand yang membebaskan visa pada 56 negara.

“Indonesia kemarin baru (memberikan bebas visa pada) 15 negara. Bisa dibayangkan kalau mau ke Indonesia ribet. Belum apa-apa sudah ribet, sudah di susahkan dengan visa,” ujar Arief.

Sebagai informasi pemerintah menargetkan jumlah kunjungan turis asing pada tahun ini mencapai 10,5 juta orang. Diharapkan pada 2019, jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia sudah mencapai 20 juta orang per tahun. (gen)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video