logo CNN Indonesia

KLHK Ingin SPBU Kantongi Amdal Sebelum Jual BBG

, CNN Indonesia
KLHK Ingin SPBU Kantongi Amdal Sebelum Jual BBG Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ingin memastikan aspek lingkungan diperhatikan oleh SPBU yang berjualan bahan bakar gas. (ANTARA FOTO/Eric Ireng/ss/pd/15).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menekankan, izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) harus terlebih dahulu dikantongi oleh pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sebelum menjual bahan bakar gas (BBG).

Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono mengatakan, izin Amdal diperlukan sebagai kompensasi sekaligus pertanggungjawaban pengusaha SPBU dalam menjalankan bisnisnya kepada pemerintah dan lingkungan hidup di sekitarnya.

"Intinya, untuk kaitan dengan Amdal, semua usaha harus ada Amdal dan skalanya ada tingkatan luasannya. Jadi, kami tetap mewajibkan semuanya dengan Amdal," ucap Bambang saat ditemui di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Jumat (21/4).

Selain Amdal, KLHK juga ingin agar pengusaha SPBU mengantongi surat pengelolaan lingkungan yang dinyatakan oleh pengusaha SPBU kepada pemerintah. Hal ini untuk memperkuat tanggung jawab penjualan BBG terhadap lingkungan sekitar SPBU.

Bersamaan dengan aturan tersebut, KLHK mengaku telah berkoordinasi dan akan terus bersinergi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk memuluskan kebijakan yang ditetapkan oleh ESDM, namun di sisi lain tak mengesampingkan isu lingkungan hidup dan kelangsungan hidup masyarakat sekitar.

"Perlu dilihat aspek lingkungannya. Tapi kami sudah (diskusikan dengan ESDM). Ini kan demi mendorong substitusi energi," imbuh Bambang.

Sebelumnya, Kementerian ESDM mengeluarkan kebijakan agar pengusaha SPBU yang saat ini menjual bahan bakar minyak (BBM) turut menjual BBG dengan setidaknya menambahkan sekitar satu tangki BBG di tiap-tiap SPBU yang dimiliki para pengusaha.

Hal ini dilakukan sebagai langkah substitusi energi yang tengah dikejar oleh pemerintah sehingga penting bagi pemerintah untuk terlebih dahulu menjamin pasokan BBG di pasaran dengan memastikan adanya BBG di sejumlah SPBU. (gen)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video