logo CNN Indonesia

Jokowi Minta Pengrajin Berani 'Jemput Bola' ke Konsumen

, CNN Indonesia
Jokowi Minta Pengrajin Berani 'Jemput Bola' ke Konsumen
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo meminta pengrajin industri kreatif Indonesia aktif mempromosikan produknya. Menurutnya, pengrajin dan produsen tak boleh hanya duduk dan menanti pembeli datang menemukan produk.

Jokowi berpendapat, keberanian menjemput langsung pembeli sangat diperlukan karena ia meyakini masa depan Indonesia berada di industri kerajinan dan industri kreatif.

"Tantangan kita adalah berpromosi dalam pemasaran. Oleh sebab itu harus jemput bola. Jangan menunggu pembeli datang menemukan kita," ujar Jokowi di JCC, Rabu (26/4).

Ia menuturkan, pengrajin Indonesia memiliki daya cipta menghasilkan produk-produk industri kreatif. Namun, hal itu harus diiringi dengan promosi dan akses pembelian yang baik.

"Masih ada pembeli yang tidak tahu produk kerajinan Indonesia, produk kreatif yang dicarinya itu ada di Indonesia. Banyak yang belum tahu," tutur pengusaha mebel ini.


Jokowi berkata, saat ini banyak wadah mempermudah promosi produk industri kerajinan. Salah satunya ialah acara tahunan Inacraft.

Inacraft, kata Jokowi, adalah tempat produsen memperkenalkan produknya bahkan sampai ke internasional.

Selain itu, promosi juga kini didukung percepatan teknologi melalui internet. E-commerce, online store, dan web mempermudah pengenalan produk.

Presiden tak lupa meminta setiap kedutaan menggencarkan promosi produk industri kreatif Indonesia.

Di sisi lain, Jokowi mengimbau pengrajin benar-benar memperhatikan produk agar sesuai dengan spesifikasi dan budget pasar.

Mereka diminta dapat terus memperhatikan perkembangan pasar. Kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman juga harus dilakukan demi meningkatkan penerimaan melalui produk kerajinan.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video