logo CNN Indonesia

Deretan Perancang Busana yang Olah Tenun Indonesia

, CNN Indonesia
Deretan Perancang Busana yang Olah Tenun Indonesia
Jakarta, CNN Indonesia -- Turun tangannya sejumlah perancang busana, baik yang sudah populer maupun yang baru, membuat tenun makin dilirik dan sorotan.

Beberapa nama bahkan menempatkan tenun sebagai ikonnya, seperti yang dilakukan Didiet Maulana dengan Ikat Indonesia, atau Wignyo Rahadi dengan label Tenun Gaya. Amanda Indah Lestari dari label Lekat di Hati mengusung tenun Baduy Banten hingga tampil di pekan peragaan busana bergengsi seperti London Fashion Week.

Selain nama-nama desainer yang konsisten mengolah kain tenun tradisional itu, ada banyak lagi nama perancang lainnya yang mengolah kain tenun sedemikian rupa. Entah itu untuk kepentingan peragaan busana, kolaborasi dengan organisasi pemerhati tenun atau pemerintah daerah, atau memang ingin mengenalkan kain tenun tradisional itu pada publik lebih luas. Tidak hanya masyarakat Indonesia tapi juga masyarakat internasional.


Cita Tenun Indonesia (CTI), salah satu organisasi yang konsisten dalam mengolah tenun tradisional dengan mengajak serta sejumlah perancang busana. Mereka menampilkan rancangan di hampir setiap pekan peragaan busana, dari mulai Indonesia Fashion Week (IFW), Jakarta Fashion Week (JFW) ataupun Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF).

Dari sejumlah nama perancang busana yang mengolah tenun Indonesia itu, berikut beberapa di antaranya:

Didiet Maulana
Lewat labelnya IKAT Indonesia, Didiet mengolah kain tenun tradisional di antaranya motif Bali, Makassar, dan Palembang. Eksplorasinya terhadap tenun yang sedemikian rupa melahirkan motif yang khas dan dientik dengan karyanya. Didiet pernah berkolaborasi dengan label Tumi membuat tas yang kemudian menjadi hadiah pemenang Grammy Awards.

Deretan Perancang Busana yang Olah Tenun IndonesiaSvarna by Ikat Indonesia, Didiet Maulana. (Foto: Tri Wahyuni)
Wignyo Rahadi
Sejak awal 2000-an, Wignyo mendirikan Tenun Gaya dan serius mengolah Workshop Tenun di Sukabumi. Perhatiannya pada tenun daerah cukup besar, dan terakhir ia mengolah tenun ikat Tanimbar dari Maluku Tenggara Barat untuk dikenalkan pada panggung peragaan busana di Jepang. Kreasi tenunnya juga banyak diminati di negara tetangga seperti Malaysia, Brunei dan Singapura.

Deretan Perancang Busana yang Olah Tenun IndonesiaTenun ikat Tanimbar, Maluku Tenggara Barat (Foto: Dok. Wignyo Rahadi)

Amanda - Lekat di Hati
Tenun Baduy dari Banten menjadi perhatian Amanda Indah Lestari. Lewat rancangan yang modern dan sangat urban, kain tenun itu kemudian mulai mendapat tempat dan perhatian publik. Beberapa waktu lalu, Lekat di Hati tampil di London Fashion Week dan cukup mencolok dan menjadi sorotan.
Deretan Perancang Busana yang Olah Tenun IndonesiaLekat di Hati. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)

Didi Budiarjo
Perancang busana kawakan ini beberapa kali diajak berkolaborasi dengan CTI mengolah tenun Indonesia. Diantaranya ia pernah menggunakan tenun dari daerah Jembrana, Bali pada gelaran IPMI Trend Show 2017. Sebelumnya, pada JFFF ke-10, ia menggunakan tenun Sambas sebagai rancangan koleksinya. Saat itu ia tampil bersama Sebastian Gunawan (Tenun Garut), Ari Seputra (Tenun Lombok), Priyo Oktaviano (tenun Endek) dan Denny Wirawan (tenun Sulawesi Tenggara).

Lenny Agustin
Dalam setiap rancangannya, Lenny konsisten memasukkan unsur tradisional Indonesia, entah itu batik atau tenun. Untuk koleksi Borneo Off Beat, misalnya, Lenny mengeksplorasi sulaman dengan motif tenun Pontianak, Kalimantan Barat. Selain itu, ia juga pernah menggunakan tenun Sumba, Makassar, Sumatera Barat, Songket Palembang, dan juga tenun Riau.

Deretan Perancang Busana yang Olah Tenun IndonesiaBorneo Off Beat, Lenny Agustin (Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Mel Ahyar
Pada gelaran JFFF 2017 lalu, Mel menjadi satu di antara perancang busana yang diajak kolaborasi CTI menggunakan kain tenun. Menggunakan tenun Lombok, NTT, Mel menampilkan koleksi yang ia beri nama Benang Putus. Selain ia, juga ikut serta perancang busana lainnya seperti Tri Handoko (tenun Rang-Rang Bali), Yongki Budisutisna (tenun limar Sumsel) Rusly Tjohnardi (songket Payakumbuh, Sumbar), Farhanah Baraba (tenun Garut),  dan Tiara Zahra (tenun ikat Jawa Tengah).

Auguste Soesastro
Dalam peragaan busana bertajuk Jalinan Lungsi Pakan yan diusung CTI pada JFFF 2015, Auguste menggunakan kain tenun Sambas. Selain ia, turut juga Ari Seputra (tenun Lombok), Chossy Latu (tenun Halaban, Sumbar), Denny Wirawan (tenun Sulawesi Tenggara), Priyo Oktaviano (tenun Baduy), dan Stephanus Hamy (tenun Bali). Bersama Ardistia, Auguste juga pernah mengenalkan tenun Indonesia di New York, AS.

Hannie Hananto 
Dalam ajang JFW beberapa waktu lalu, Hannie Hanant menggunakan kain tenun ikat Kediri dalam rancangannya. Masih mempertahankan warna monokrom untuk koleksinya, Hannie mengeksplorasi motif pucuk rebung dengan garis-garis tebal. 

Deretan Perancang Busana yang Olah Tenun IndonesiaHannie Hananto. (Foto: Dok. Jakarta Fashion Week)
Ida Royani
Pada IFW 2017 lalu, Ida Royani dan sejumlah desainer lainnya diajak BEKRAF menggunakan kain tenun ulos Sumatera Utara dalam peragaan bertajuk Tenoen Etnik. Ia menggunakan tenun ulos pinuncaan dengan pilihan dominasi waran hitam dan putih. Sementara yang lainnya, yakni ada Jenahara, Jeny Tjahyawati, Torang Sitorus.

Ivan Gunawan
Beberapa kali Ivan mengolah kain tenun tradisional untuk koleksi rancangannya. Suatu kali ia pernah menggunakan bahan kain tenun Mandar asal Sulawesi Barat yang didominasi motif kotak-kotak pada gelaran IFW. Ivan juga mengeksplorasi tenun Toraja yang kemudian ia usung untuk tampil di Los Angeles Fashion Week beberapa waktu lalu.

Deretan Perancang Busana yang Olah Tenun IndonesiaIvan Gunawan. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Denny Wirawan
Denny termasuk perancang busana yang produktif menggunakan kain tenun. Beberapa kali dia berkolaborasi dengan CTI, di antaranya ia pernah menggunakan kain tenun Sumba, NTT dan Buton Sulawesi Tenggara. Denny juga mengusung rancangannya tampil di luar negeri seperti India dan Paris.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Pesona Tenun Inspirasi Lebaran
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video