'Tekanannya Berat Jadi Pemain Timnas Inggris'

Ahmad Bachrain
Kamis, 14/07/2016 19:02 WIB
Mantan pemain Liverpool dan veteran timnas Inggris, Steven Gerrard, mengaku beratnya menjadi pemain timnas Inggris. (Reuters / Carl Recine)

Jakarta, CNN Indonesia -- Kehadiran sejumlah pemain bintang di timnas Inggris belum juga membantu mendongkrak prestasi negara itu di Eropa. Di bawah arahan Roy Hodgson, The Three Lions, tersingkir di babak 16 besar Piala Eropa 2016 setelah kalah 1-2 dari Islandia.

Sejumlah nama baru yang sempat unjuk gigi di laga uji coba macam Jamie Vardy, Harry Kane, dan Dele Alli, tak mampu berbuat banyak di turnamen sebenarnya.

Mantan pemain timnas Inggris, Steven Gerrard, pun memahami kegagalan tersebut. "Ada ketakutan yang luar biasa besar di antara para pemain timnas saat ini," tutur Gerrard kepada CNN.

Menurutnya, beban untuk berada di timnas Inggris sangat berat, terutama dalam menghadapi tekanan.

"Harapannya sangat, sangat tinggi. Situasi yang amat menekan menjadi pemain Inggris. Anda tahu, sorotan di media juga sangat besar," ujar Gerrard.

Di lain pihak, banyak pula para pemain muda yang baru melakoni debutnya di skuat Tiga Singa itu. "Harapan yang sangat tinggi dan di sana ada para pemain muda yang belum terbiasa dengan tekanan tersebut," tuturnya.

"Namun, mereka tentu akan terbiasa dengan semua itu dalam beberapa tahun ke depan."

Selain itu, Gerrard juga menekankan para pemain muda timnas Inggris ini juga butuh pengalaman di turnamen-turnamen bergengsi lainnya. "Pengalaman ini (Piala Eropa 2016) dan rasa sakit ini, saya pikir, akan membantu seluruh pemain untuk maju karena mereka tak mau mengalaminya lagi," ujar gelandang yang kini merumput bersama LA Galaxy.

Mantan pemain Liverpool ini pun percaya bakal ada kemajuan di timnas Inggris beberapa tahun ke depan. "Saya pikir, mereka akan maju ke level berikutnya dengan manajer dan staf kepelatihan baru yang tepat," ungkap pemain yang mengemas 21 gol dari 114 penampilannya di timnas Inggris.

Sebagai salah satu fan dan warga Inggris, Gerrard juga tak bisa menutupi kekecewaannya dengan kegagalan Inggris di babak 16 Besar. "Saya juga punya harapan tinggi," ungkapnya.

"Di babak kualifikasim, mereka bermain sangat bagus dan terlihat solid. Mereka tampil dengan performa luar biasa dan di turnamen sebenarnya saya melihat mereka seharusnya bisa ke perempat final, bahkan semifinal." (bac)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
0 Komentar