Karier Marc Wilmots di Belgia Berakhir

Ahmad Bachrain
Jumat, 15/07/2016 20:56 WIB
Federasi Sepak Bola Belgia mendepak Marc Wilmots dari kursi kepelatihan The Red Devils. (Matthias Hangst/Getty Images)

Jakarta, CNN Indonesia -- Karier Marc Wilmots di timnas Belgia berakhir. Wilmots dipecat dari posisinya sebagai pelatih The Red Devils.

Pemecatan itu lantaran ia dianggap gagal memperbaiki pencapaian Belgia pada Piala Eropa 2016. Sama seperti pada turnamen sebelumnya pada 2012, Belgia hanya mampu melangkah hingga perempat final.

Tim yang disebut-sebut sebagai salah satu favorit itu kalah 1-3 dari tim kejutan Wales, di perempat final.

Kepastian berakhirnya Wilmots dari kursi kepelatihan seperti diumumkan Federasi Sepak Bola Belgia (RBFA), Jumat (15/7). "Kami berterima kasih kepada Wilmots atas kerja kerasnya di Belgia selama empat tahun. Dengan Marc Wilmots sebagai pelatih, The Red Devils naik ke dari posisi 54 ke posisi teratas peringkat FIFA," demikian keterangan dari RBFA.

"Ia berhasil memenangkan 34 dari 51 pertandingan, termasuk delapan hasil imbang. Di atas segalanya, para fan tetap menanamkan cintanya kepada timnas Belgia selama periode itu."

Pemecatan Wilmots itu berdasarkan pertimbangan matang RBFA. "Komisi Teknis RBFA telah membuat evaluasi setelah berakhirnya Piala Eropa 2016 dan memutuskan bahwa target tidak mampu tercapai," terang RBFA.

"Ada pendapat bersama bahwa tim butuh semacam dorongan baru untuk memimpin tim ini meraih hasil tertinggi di turnamen besar."

Wilmots memang sebelumnya sempat disebut-sebut bakal dipecat sebagai pelatih Belgia. Isu itu mencuat setelah adanya kabar tak sedap di dalam skuat The Red Devils pada Piala Eropa 2016 lalu.

Dikabarkan, hubungannya dengan sejumlah pemain sempat merenggang karena ia sempat memaksakan strategi yang dirasa tidak cocok dengan para pemainnya.

Sejumlah pelaku sepak bola di Belgia pun menganggap karena Wilmots tak lagi mendapat tempat di hati para pemain.

Selanjutnya, Belgia akan segera mencari pengganti Wilmots yang akan diproyeksikan untuk Piala Dunia 2018. "Federasi Sepak Bola Belgia secepatnya akan memulai prosedur untuk mencari pelatih baru dengan cara yang terbuka," jelas RBFA.

"Rencananya kami akan memulai pertandingan pada September nanti dengan pelatih baru, dimulai dengan laga persahabatan di Brussels melawan Spanyol pada 1 September." (bac)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
0 Komentar