logo CNN Indonesia

Joko Anwar Bikin Hantu Seram 'Pengabdi Setan' Tanpa Komputer

, CNN Indonesia
Joko Anwar Bikin Hantu Seram 'Pengabdi Setan' Tanpa Komputer Joko Anwar akan menggarap ulang film horor Pengabdi Setan. (CNN Indonesia/Munaya Nasiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film horor Pengabdi Setan yang pernah sukses tahun 1980-an, kini dibangkitkan kembali oleh sineas kondang Joko Anwar. Joko mengaku sudah lama mendambakan menggarap film favoritnya itu. Pengabdi Setan merupakan film yang diakui Joko membuatnya ingin menjadi sineas.

“Ini film masa kecil saya yang ketika saya menontonnya membuat saya ingin menjadi filmmaker. Kenikmatan menonton itu ada waktu saya menonton film ini. Saya ingin memberikan efek yang sama kepada penonton," kata Joko dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (21/4).

Sejak 10 tahun lalu ia sudah berniat menggarapnya kembali. Namun, saat itu ia belum diberi izin oleh sang pemilik film. Baru tahun ini mimpi Joko menggarapnya akhirnya terwujud.
Sutradara A Copy of My Mind itu langsung bersemangat. Ia mengaku sudah menyiapkan Pengabdi Setan dengan serius. Ceritanya, kata Joko, akan tetap sesuai dengan asli. Perubahan hanya dilakukan jika perlu, dan tujuannya untuk meningkatkan kualitas film itu sendiri.

“Pastinya ditingkatkan dari segi cerita dan teknis,” kata Joko.

Ia sudah memikirkan itu sejak lama. Menggali karakter pemainnya saja butuh dua bulan. Joko juga sudah memikirkan efek untuk membuat penonton takut dengan hantu-hantu di film itu. Alih-alih menggunakan komputer, ia menyiapkan practical effect yang lebih ‘organik.’

Itu membuat horor yang ditampilkan lebih nyata. Luka dan efek seramnya dibuat terasa. Joko bahkan mengaku sudah melakukan tes riasan selama berminggu-minggu untuk itu.
Ia mengusung beberapa pemain ternama untuk berperan dalam film itu. Ada Tara Basro, Dimas Adutya, Ayu Laksmi, Egy Fadly, dan Fachri Albar. Hanya saja, Joko masih merahasiakan siapa yang bakal berperan sebagai hantu. Menurutnya, peran itu bakal jadi misteri tersendiri.

Pengabdi Setan diketahui berkisah tentang sebuah keluarga yang ibunya sudah sakit keras sejak lama. Film itu juga akan menanpilkan unsur agama yang mampu menumpas kesetanan. Dahulu, film itu disutradarai Sisworo Gautama Putra. Dibintangi HIM Damsyik, film itu dikenal sampai dunia.

Pengabdi Setan versi Joko Anwar akan mulai syuting Senin (24/4) di Pengalengan, Bandung, Jawa Barat.

Joko mengaku tertantang untuk membuat film itu agar bisa menyamai kesuksesan Danur yang mampu mencetak rekor sebagai film horor terlaris di Indonesia. "Orang kan sudah lama menunggu film horor yang baik, Danur sudah memberikan itu. Nah sekarang banyak pencinta horor yang menunggu film yang juga berkualitas," tutur Joko dengan antusias. (rsa)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video