logo CNN Indonesia

Musisi yang Meninggal Bunuh Diri seperti Chris Cornell

, CNN Indonesia
Musisi yang Meninggal Bunuh Diri seperti Chris Cornell Kurt Cobain pun meninggal bunuh diri seperti Chris Cornell. (Dok. Akun Facebook Nirvana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tewasnya pentolan band Soundgarden Chris Cornell karena gantung diri di kamar mandi hotelnya di MGM Grand Detroit pada Rabu (17/5) malam mengejutkan banyak pihak, mulai keluarga sampai fan. Cornell sendiri belakangan tak terlihat menunjukkan gelagat aneh.

Sebelum mengakhiri hidupnya, Cornell diketahui sempat tampil bersama Soundgarden di Fox Theatre Detroit. Ia bahkan sempat melaporkan kegiatannya itu di media sosial.

Namun, Cornell bukan satu-satunya musisi yang mengakhiri hidup lewat tangannya sendiri. Berikut sejumlah musisi dunia yang tewas karena bunuh diri, bahkan ada yang di usia muda.
Kurt Cobain

Awal April 1994, keberadaan pentolan band Nirvana ini sempat dikabarkan timbul tenggelam. Hingga pada  8 April 1994 mayat Cobain ditemukan di rumahnya di Lake Washington oleh seorang tukang listrik bernama Gary Smith yang datang untuk mengeset sistem keamanan.

Setelah autopsi dilakukan, Cobain diduga meninggal sejak 5 April setelah mengonsumsi heroin. Bekas diazepam pun ditemukan dalam darahnya. Saat ditemukan ia juga memegang senjata dan diduga menembak dirinya sendiri.

Cobain dikenal sebagai penyanyi utama, gitaris dan penulis lagu dari band grunge Nirvana yang berjaya pada era ’80-an.

Jimi Hendrix
Jimi Hendrix meninggal di usia 27 tahun.Jimi Hendrix meninggal di usia 27 tahun. (Slaven Vlasic/Getty Images/AFP)
Sama seperti Cobain, saat meninggal pada 1970 Jimi Hendrix juga masih berusia 27 tahun. Hingga kini kematiannya masih menyisakan pertanyaan dan disengketakan.

Menurut laporan dokter Gavin Thurston, Hendrix tewas karena tersedak muntahannya sendiri setelah mabuk dengan mengonsumsi barbiturat. Sementara Monika Dannemann menyatakan bahwa Hendrix mengonsumsi sembilan dari resep tablet tidurnya.

Tidak main-main, malam sebelum meninggal itu ia disebut menenggak obat tidur dengan jumlah 18 kali lebih banyak dari yang ditentukan.

Hendrix adalah salah satu musisi paling terkenal di abad ke-20 dan dianggap sebagai salah satu gitaris paling berpengaruh dalam sejarah musik populer di dunia.
Elvis Presley
Elvis Presley masih dikenang hingga kini, bahkan ada yang menganggapnya masih hidup.Elvis Presley masih dikenang hingga kini, bahkan ada yang menganggapnya masih hidup. (Pixabay/skeeze)
Sebagai musisi, Elvis dikenal cukup banyak membuka jalan bagi musik rock. Dia bahkan sering disebut sebagai King of Rock n Roll. Namun pada 16 Agustus 1977, Elvis dikabarkan meninggal karena mengidap penyakit kanker.

Namun, catatan lain yang disembunyikan ibu tiri Elvis, Vrenon Presley menyatakan dia wafat karena overdosis.

Semasa hidupnya, Elvis merupakan seorang penyanyi sekaligus aktor dan ikon budaya yang mengubah cara orang memandang musik. Sebagian orang percaya, dia dilahirkan untuk semua orang termasuk generasi pemusik dan ikon hebat pada era '70-an, '80-an dan seterusnya.
Elliott Smith

Pada 2003, saat berada di Los Angeles Smith ditemukan tewas pada usia 34, dengan dua luka tusukan ke dada. Autopsi meyakini bahwa luka tusukan itu ditimbulkan olehnya sendiri.

Pria kelahiran Omaha, Nebraska itu tumbuh di Texas dengan nama asli Steven Paul Smith. Dia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu, yang mahir memainkan instrumen dari piano, klarinet, gitar bass, drum, dan harmonika.

Kendati demikian, Smith memilih gitar sebagai instrumen utamanya. Sebagai seorang musisi, Smith mampu menorehkan prestasi lewat lagunya Miss Misery yang menjadi lagu tema film Good Will Hunting dan dinominasikan untuk Oscar di Best Original Song Category pada 1988.
Hanya saja, semasa hidupnya Smith dilaporkan menderita depresi yang signifikan, yang membuatnya ketergantungan pada alkohol dan obat terlarang. Ia pernah curhat soal itu dalam liriknya.

John Bonham
John Bonham meninggal karena ketergantungannya pada alkohol.John Bonham meninggal karena ketergantungannya pada alkohol. (Dina Regine via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-2.0))
Semasa hidupnya, Bonham merupakan pecandu berat alkohol. Itulah yang kemudian membuatnya meregang nyawa pada 1980.

Hasil autopsi menyebutkan bahwa 24 jam sebelum kematian Bonham, dia telah mengonsumsi sekitar empat puluh gelas vodka. Karena itu dia muntah dan tersedak dengan muntahannya yang kemudian menyebabkan sesak napas.

Bonham sendiri dikenal sebagai salah satu drummer terbesar dari salah satu band rock terbaik yang pernah ada, Led Zeppelin dan disebut sebagai Drummer Terbaik Sepanjang Masa oleh Rolling Stone di tahun 2011. Kemahiran Bonham itu diketahui didapat berkat dia belajar drum sejak usia lima tahun.
Whitney Houston

Seperti Cornell, penyanyi bersuara emas Whitney Houston ditemukan tak bernyawa di kamar mandi hotelnya di Los Angeles, pertengahan Februari 2012.

Awalnya ia diduga meninggal karena tenggelam. Namun penyidik kemudian tidak menemukan cukup air di paru-parunya untuk menyatakan sang penyanyi sebagai korban tenggelam.

Alih-alih, mereka justru menemukan kandungan obat-obatan seperti ganja, anti-depresan dan obat alergi di dalam darahnya. Houston memang diketahui pengguna kokain. Kebiasaan itu juga mengancurkan kariernya. Ia bahkan mengakui itu saat diwawancara 2002 lalu.

Houston dikenal sebagai penyanyi, salah satu lagu terkenalnya I Will Always Love You.

[Gambas:Video CNN]

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Chris Cornell Berhenti 'Meraung'
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video