Logo Kursi Panas DKI 1

Setelah Agus Yudhoyono, Greenpeace Incar Anies dan Ahok

Aulia Bintang
Kamis, 15/12/2016 13:26 WIB
Setelah Agus Yudhoyono, Greenpeace Incar Anies dan Ahok

Jakarta, CNN Indonesia -- Greenpeace Indonesia berencana menemui calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama untuk menguji komitmen dua tokoh itu terhadap pengurangan polusi udara. Kemarin, lembaga advokasi lingkungan itu telah bertemu calon gubernur DKI lainnya, Agus Harimurti Yudhoyono.

Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia, Hindun Mulaika, mengatakan, institusinya telah berkomunikasi dengan tim pemenangan Anies. Pertemuan dengan Anies direncanakan digelar satu hingga dua pekan ke depan.

"Dengan Anies sudah ada komunikasi, mungkin dalam pekan-pekan ini akan terealisasi," kata Hindun.

Sementara itu, Greenpeace masih mencari waktu yang tepat untuk bertemu Basuki alias Ahok. Agenda kegiatan Ahok yang padat membatasi peluang mereka untuk bertemu.

Hindun membantah lembaganya berniat menceburkan diri ke aktivitas politik praktis. Ia berkata, Greenpeace hanya ingin memaparkan kondisi kualitas udara Jakarta yang semakin buruk.

Kepala Greenpeace Indonesia Leonard Simanjuntak menuturkan, kepala daerah DKI tidak memiliki batasan waktu untuk bisa menurunkan angka polusi udara Jakarta.

"Itu tergantung pada upaya mereka di lapangan," ucapnya.
Siapapun calon gubernur DKI Jakarta yang terpilih pada pilkada 2017 nanti, Greenpeace berkomitmen menyerahkan data polusi terbaru kepada Pemprov setiap dua tahun sekali.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Agus Yudhoyono, Greenpeace menantang putra presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu untuk membangun seribu panel surya di Jakarta.

Leonard berkata, tantangan merupakan pengukur keseriusan Agus mengurangi polusi udara. Selama ini pembangkit listrik tenaga uap membuat indeks kebersihan udara Jakarta menurun. (Abraham Utama/Basuki Rahmat Nugroho)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
0 Komentar