Logo Kursi Panas DKI 1

Golkar Sebut Anies Pesaing Berat Ahok dalam Debat Kandidat

M Andika Putra
Rabu, 11/01/2017 16:12 WIB
Golkar Sebut Anies Pesaing Berat Ahok dalam Debat Kandidat Golkar mewaspadai Anies sebagai lawan berat Ahok dalam debat kandidat Pilkada DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Denny Aprianto)

Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus Golkar Yorry Raweyai menyebut Anies Baswedan adalah pesaing terberat Basuki Tjahaja Purnama dalam debat calon gubernur DKI Jakarta. Sementara Agus Harimurti Yudhoyono, disebut Yorrys belum punya pengalaman cukup dalam dunia politik.

Yorrys mengatakan, Anies patut diwaspadai lantaran punya pengalaman pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Anies (pesaing terberat), dia punya pengalaman di pemerintahan," kata Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Partai Golkar itu di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (11/1).

Ahok, sapaan Basuki, dan Anies pernah berdebat dua kali sebagai cagub dalam acara yang digelar stasiun televisi. Dalam dua cara debat tak resmi itu, Agus memilih tak hadir. Karena itu hingga kini belum diketahui kiprah Agus dalam berdebat.

Yorrys tak melihat Agus sebagai pesaing terberat Ahok yang dijagokan Golkar di Pilkada Jakarta. Meski begitu, Yorrys mengakui Agus punya kapasitas yang bagus. Yorrys menyebut putra Susilo Bambang Yudhoyono itu punya intelektual bagus dan pernah jadi lulusan terbaik Akademi Militer. 

"Tapi untuk menerjemahkan, bagaimana program diimplementasikan dalam pembangunan pemerintahan, agak sulit," ujar Yorrys.

Menurutnya, dalam militer, doktrin yang ditanamkan tegak lurus dengan asas kepatuhan. Sementara di pemerintahan, banyak dinamika yang harus dipertimbangkan.
Namun Yorrys mewaspadai calon wakil gubernur pasangan Agus, Sylviana Murni. Sylvi memiliki pengalaman di birokasi DKI Jakarta selama 30 tahun. Ia pernah menjabat Wali Kota Jakarta Pusat dan Deputi Gubernur bidang Pariwisata dan Kebudayaan.

Debat kandidat Pilkada DKI Jakarta digelar Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta sebanyak tiga kali. Debat pertama digelar pada 13 Januari di Hotel Borobudur. Menyusul debat selanjutnya pada 27 Januari dan 11 Februari sebelum memasuki masa tenang pada 12-14 Feberuari.

Sedangkan pemungutan suara akan diadakan pada 15 Februari 2017. (sur/obs)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
0 Komentar