Logo Kursi Panas DKI 1

Tiket Masuk Ancol Kemahalan, Anies-Sandi Ingin Turunkan Tarif

Abi Sarwanto
Rabu, 11/01/2017 21:09 WIB
Tiket Masuk Ancol Kemahalan, Anies-Sandi Ingin Turunkan Tarif Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berjanji mempermudah warga Jakarta mengakses tempat wisata pantai Ancol. (CNNIndonesia/Abi Sarwanto)

Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno berencana menekan biaya tarif masuk kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Hal itu bertujuan untuk mempermudah warga yang ingin mengakses kawasan tersebut.

"Pada aksesnya kami mencoba untuk mendekatkan minimal seminggu sekali warga bisa memanfaatkan pantai. Apakah nanti dengan pola free pass yang bisa dipakai dengan identitas, nanti teknisnya kami susulkan. Tapi prinsipnya adalah jangan sampai warga di sekitar pantai tidak bisa lihat pantai," kata Anies di GOR Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/1).

Anies menjelaskan, ide tersebut bermula dari aspirasi warga Pademangan, Jakarta Utara, yang tinggal berseberangan dengan Ancol saat ia berkampanye di sana.

Warga di Pademangan itu mengeluh karena tidak pernah merasakan masuk ke pantai Ancol lantaran harga tiket masuknya yang mahal.

"Rasanya enggak adil kalau akses ke pantai justru tidak dimiliki oleh mereka yang sejarahnya turun temurun hidup di dekat pantai," ujar Anies.
Untuk masuk ke kawasan Ancol, seorang pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp25 ribu. Jika membawa kendaraan, seorang pengunjung harus membayar Rp15 ribu untuk sepeda motor, dan Rp20 ribu untuk mobil.

Jika diasumsikan dua orang pengunjung dengan menggunakan satu sepeda motor ingin ke kawasan Ancol, maka tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp65 ribu.

Sandiaga menyebut gagasan menekan tarif masuk Ancol sebagai sebuah terobosan untuk membuat fasilitas publik seperti pantai dapat dinikmati setiap warga Jakarta.
"Biaya masuk Ancol itu mahal, tapi kami akan berikan kemudahan warga setidaknya seminggu sekali (wisata ke Ancol)," kata Sandiaga.

(wis/obs)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
0 Komentar