Logo Kursi Panas DKI 1

Cagub Anies Hadiri Deklarasi Dukungan Relawan Agus-Sylvi

Abi Sarwanto
Kamis, 16/02/2017 23:13 WIB
Cagub Anies Hadiri Deklarasi Dukungan Relawan Agus-Sylvi Anies menilai, deklarasi dukungan ini tidak berkaitan dengan koalisi maupun dukungan yang akan diberikan partai pendukung Agus-Sylvi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).

Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Gubernur DKI Jakarta dengan nomor urut tiga Anies Baswedan menghadiri deklarasi dukungan yang diberikan dari relawan pasangan calon nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni di Cikajang, Jakarta Selatan, Kamis (16/2) malam.

Anies menilai, deklarasi dukungan ini tidak berkaitan dengan koalisi maupun dukungan yang diberikan partai pendukung Agus-Sylvi di putaran kedua pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta 2017.

Makanya, Ia mengaku, tidak khawatir jika dinilai tidak etis. ”Oh, enggak. Jadi begini, saya diundang, saya hadir. Begitu juga ketika ada deklarasi di manapun juga," ujar Anies.

Menurut Anies, dukungan yang diberikan relawan tak dapat disamakan dengan dukungan yang diberikan struktur partai. Toh, relawan dinilai sebagai warga yang berhak mendukung siapapun tanpa ada instruksi tertentu.

“Tetapi kalau ini dengan warga negara yang di luar partai. Jadi, ketika mereka mendeklarasikan kami diundang dan kami datang menyambut baik,” terang dia.

Anies mengungkapkan, urusan koalisi maupun dukungan dari partai lain dilakukan melalui struktur elit partai. Sekadar informasi, hingga saat ini, komunikasi dari partai politik pengusungnya, yaitu PKS dan Gerindra masih berlangsung ke sejumlah partai.

Partai pengusung Agus-Sylvi yang terdiri dari, Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN hingga saat ini pun belum mengambil keputusan untuk mengalihkan dukungan di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta yang diperkirakan berlangsung April mendatang.

Sementara itu, Ketua Komite Umum Nasional Masyarakat Indonesia Alex Asmasoebrata, mengajak para pendukung Agus-Sylvi untuk mengalihkan dukungan kepada pasangan calon Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

Langkah ini diambil setelah jagoan mereka tidak lolos putaran pertama, meski belum ada pengumuman perhitungan suara secara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

“Ternyata, kami tak bisa teruskan dukungan untuk Agus-Sylvi. Tetapi, alhamdulillah ada calon yang teruskan, pak Anies-Sandi yang teruskan," tutur Alex.

Sejumlah relawan Agus-Sylvi, lanjut Alex, ikut serta dalam deklarasi dukungan kepada Anies-Sandi. Mereka di antaranya adalah relawan Agus Fans Club (AFC) Jakarta Selatan, Pengurus Anak Cabang (PAC) Demokrat Pesanggrahan, dan Forum Tokoh Agama Masyarakat Jakarta Selatan.

Menurut Alex, relawan tidak terikat dengan partai politik, sehingga memiliki kebebasan dalam mengalihkan dukungan. Dukungan ini pun terbilang cepat lantaran sudah dilakukan kurang lebih 24 jam usai pemungutan suara kemarin. (bir)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
0 Komentar