Logo Kursi Panas DKI 1

Menyimak Isi Khotbah Jumat di Masjid 'Tamasya Al Maidah'

Bimo Wiwoho & Feri Agus Setyawan
Jumat, 21/04/2017 17:25 WIB
Menyimak Isi Khotbah Jumat di Masjid 'Tamasya Al Maidah' Calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno saat memberikan Sambutan di Masjid At-Taqwa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jum'at (21/4). (Dok. Sandi Uno Media Center)

Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak ada khotbah Jumat bermuatan politik pasca kemenangan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI Jakarta di Masjid Al Ittihaad, Tebet, Jakarta Selatan (21/4).

Diketahui, Masjid Al Ittihaad merupakan salah satu basis berkumpulnya peserta aksi 212, 411, dan Tamasya Al Maidah. Masjid Al Ittihaad sempat pula dijadikan tempat deklarasi untuk mendukung pasangan Anies-Sandi dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta.

Pengurus Masjid memang sempat memberi selamat kepada calon gubernur dan wakil gubernur sebelum khutbah Jumat dimulai. Namun, isi khutbah Jumat sendiri sama sekali tidak menyinggung Pilkada DKI Jakarta.

"Kami mengucapkan selamat kepada gubernur muslim yang telah memenangkan pemilihan gubernur DKI Jakarta. Semoga dapat menjalankan mandatnya," tutur salah satu pengurus masjid usai menyampaikan laporan keuangan mingguan di Masjid Al Ittihaad (21/4).

Khotbah hari inidisampaikan oleh Ahmad Sayrozi di Masjid Al Ittihaad yaitu peristiwa Isra Miraj dan nilai-nilai yang bisa diteladani dari peristiwa tersebut di masa kini.

Semua jemaat tampak menyimak khotbah.Tidak ada pula seruan takbir yang menggema di sekitar Masjid Al Ittihaad seperti saat putaran kedua Pilkada DKI Jakarta sedang berlangsung.

Hal yang relatif serupa tampak pula di Masjid Jami Al-Ishlah, Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pengkhotbah kali ini tak sedikit pun menyinggung masalah Pilkada DKI 2017.

Masjid Jami Al-Ishlah berada tak terlalu jauh dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Front Pembela Islam (FPI). Masjid tersebut juga tak begitu jauh dari rumah pentolan FPI, Rizieq Shihab.

Dari pengamatan CNNIndonesia.com, di lingkungan masjid tersebut terpasang spanduk yang berisi seruan agar memilih pemimpin muslim.

Tak hanya itu, ada pula stiker ajakan memilih pemimpin muslim, yang juga terpampang wajah calon gubernur nomor urut tiga Anies Baswedan dengan Rizieq Shihab.

Khotib Jumat siang tadi, menyampaikan Kotbah tentang keutamaan istiqomah dalam menjalani kehidupan ini. Menurutnya, setiap manusia pasti menginginkan keselamatan dan kebahagian di dunia serta akhirat.

Khotib mengatakan, rasulullah, Nabi Muhammad SAW, bersabda untuk menjaga istiqomah dalam hidup.

"Kunci keselamatan dunia dan akhirat adalah istiqomah. Teguh pendirian. Istiqomah ada empat hal," kata khotib di Masjid Jami Al-Ishlah.

Sebelum Pilkada DKI Jakarta, sebagian khotbah di pelbagai masjid menyuarakan persoalan pemimpin muslim. Menjelang Pilkada, pelbagai ormas Islam pun melakukan aksi unjuk rasa untuk menentang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang saat ini terjerat kasus penodaan agama. (asa)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
0 Komentar