Cek Fakta Debat Ketiga Calon Pemimpin Jakarta logo

CEK FAKTA debat keTiga calon pemimpin jakarta

Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Jumat malam ini (10/2), tampil dalam debat ketiga pilkada yang diselenggarakan oleh KPUD Jakarta dengan tema Kependudukan dan Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Jakarta dengan sub tema pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, anti penyalahgunaan narkotika, dan kebijakan soal disabilitas. Apakah pernyataan mereka dalam debat sesuai dengan janji dan kenyataan sebelumnya? Nantikan faktanya mulai pukul 19.30 WIB di CNNIndonesia.com

Anies Baswedan

Cagub DKI Jakarta nomor urut tiga

Kami menegaskan bahwa Jakarta kota yang tidak ramah anak dan perempuan, warga difabel, tapi amat ramah pada narkoba. Kami akan membalikkan itu semua. Kenyataan menunjukkan, dan ini bukan salah pak gubernur. Ini potret Jakarta. Kita lihat di media transportasi kita terburuk nomor lima (di dunia) di bawah Malaysia.

Menurut Thomson Reuters Foundation Kota Jakarta termasuk dalam 16 besar kota yang memiliki transportasi umum buruk dan tak aman. Jakarta menempati peringkat kelima di seluruh dunia. Berikut peringkat tujuh besar kota yang memiliki sistem transportasi yang buruk: 1. Bogota, 2. Meksiko, 3. Lima, Peru, 4. New Delhi, 5. Jakarta, 6. Buenos Aires, 7. Kuala Lumpur.

Sesuai
Agus Harimurti Yudhoyono

Cagub DKI Jakarta nomor urut satu

Angka kekerasan terhadap perempuan dan anak tertinggi di Indonesia, kasus pelecehan seksual trennya meningkat, setiap 2,5 jam ada satu perempuan yang mengalami kekerasan

Berdasarkan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) DKI Jakarta bahwa kasus kekerasan pada perempuan untuk 10 tahun terakhir selalu tertinggi. Kekerasan terhadap anak di Jakarta juga jadi wilayah tertinggi.

Sesuai
Sandiaga Uno

Cawagub DKI Jakarta nomor urut tiga

Kita melihat sekarang menurut data Mckinsey Global Institute bahwa keniscayaan 75 persen daripada populasi dunia akan hidup di urban termasuk  Jakarta. Dan 90 persen ekonomi disumbang dari perkotaan untuk ekonomi dunia.

Perusahaan konsultan Mckinsey & Co memprediksikan tahun 2030 nanti sebanyak 71 persen penduduk Indonesia akan tinggal di daerah perkotaan

Sesuai
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Cagub DKI Jakarta nomor urut dua

Memang masih ditemukan beberapa peredaran narkoba di tempat hiburan, maka kami tegaskan, begitu tempat hiburan itu melakukan praktek jual beli narkoba, setelah dua peringatan akan kami tutup tidak boleh membuka usaha sejenis.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta Catur Laswanto pada Oktober 2016 mengatakan, berdasarkan peraturan gubernur, tempat hiburan yang dua kali terbukti menjadi tempat peredaran narkoba, tempat hiburan itu akan langsung ditutup.

Sesuai
Agus Harimurti Yudhoyono

Cagub DKI Jakarta nomor urut satu

Gizi buruk anak di Jakarta di peringkat lima terburuk se-Indonesia bahkan di bawah Papua Barat yang APBD-nya hanya 1/10 Jakarta.

Tahun 2015 berdasarkan Profile Kesehatan Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan ada 2.282 kasus gizi buruk di DKI Jakarta. Sementara di Papua Barat ada 479 kasus. Berada di posisi pertama adalah Jawa Timur dengan 6.019 kasus. Sementara itu APBD DKI Jakarta 2015: Rp65,7 triliun, APBD Papua Barat lebih dari Rp6 triliun.


Sesuai
Basuki Tjahaja Purnama

Cagub DKI Jakarta nomor urut dua

Dewan Transportasi kami itu ada perwakilan penyandang disabilitas yang duduk di dalamnya maka jangan heran kami sudah membeli banyak bus yang shockbreaker-nya miring supaya kursi roda bisa turun.

Sejak era Gubernur Fauzi Bowo, Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) memiliki anggota yang mewakili penyandang disabilitas. Tahun 2012, perwakilan penyandang disabilitas dipegang Jaka Ahmad dari Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Cabang DKI Jakarta.

Sesuai
Agus Harimurti Yudhoyono

Cagub DKI Jakarta nomor urut satu

Pak Basuki mempertontonkan kekerasan pada perempuan yang jadi viral, judgement di publik. Kekerasan verbal lebih menyakitkan, apalagi di depan publik?

Pada 10 Desember Ahok menyebut maling warga bernama Yusri Isnaeni yang mengadu perihal pencairan tunai Kartu Jakarta Pintar. Menurut Ahok, KJP tidak boleh dicairkan tunai, tapi harus digunakan untuk membeli alat kebutuhan sekolah dengan cara menggesek atau nontunai.Video Ahok saat memarahi Yusri tersebut viral di dunia maya. Yusri lantas melaporkan Ahok ke polisi atas perkara pencemaran nama baik.

Sesuai
Basuki Tjahaja Purnama

Cagub DKI Jakarta nomor urut dua

Ada satu persen PNS penyandang disabilitas di DKI. Untuk undang-undang yang baru, kami akan tingkatkan menjadi dua persen.

Pasal 29 pada Perda DKI Jakarta 10/2011 tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas mengatur, pemerintah daerah wajib mempekerjakan setidaknya satu penyadang disabilitas dalam setiap 100 pekerja. Sejak 2013, Badan Kepegawaian Daerah membuka kesempatan bagi pelamar berkebutuhan khusus untuk menjadi penyuluh KB, pranata komputer, pengadministrasi umum, operator komputer, pamong budaya, pustakawan, dan perancang peraturan perundang-undangan.

Sesuai
Anies Baswedan

Cagub DKI Jakarta nomor urut tiga

Anies menyebut koridor 13 Transjakarta, memiliki 10 halte dan hanya 1 yang mengunakan ramp (jalan landai), lainnya menggunakan tangga. Akibatnya, penyandang disabilitas, ibu hamil, tidak bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Sesuai desain pembahasan 2014, pada koridor 13, ada tiga halte yang akan dikombinasikan dengan eskalator, antara lain halte Cipulir, Carrefour Kebayoran Lama, dan Simpang MRT (CSW). Tiga halte ini didesain agar halte Transjakarta juga bisa diakses ibu hamil, manula, anak-anak, dan penyandang disabilitas. Pembangunan jalan layang Transjakarta koridor 13 ditargetkan dapat digunakan pada April mendatang. Halte di bawah 13 meter akan menggunakan tangga. Sementara halte di atas 13 meter akan ada kombinasi tangga dan eskalator.

Tidak sesuai
Basuki Tjahaja Purnama

Cagub DKI Jakarta nomor urut dua

Kami sudah punya 5.047 CCTV yang terintegrasi di dalam smart city.

Berdasarkan pengecekan ke situs www.smartcity.jakarta.go.id pada Jumat (10/2) pukul 21.40, terdapat 6.064 CCTV yang dapat pantau secara langsung oleh publik. Jumlah yang online sebanyak 5.681 buah.

Sesuai
Anies Baswedan

Cagub DKI Jakarta nomor urut tiga

Salah satu masalah terbesar adalah kekerasan di sekolah. Dan Jakarta tidak terlewat dari persoalan ini. 84 persen anak-anak pernah mengalami  kekerasan di sekolah.

Berdasarkan data International Center for Research on Women (ICRW) Pada 2015, sebanyak 84 persen siswa di Indonesia mengaku pernah mengalami kekerasan di sekolah.

Sesuai
Sylviana Murni

Cawagub DKI Jakarta nomor urut satu

Diperlukan konsistensi dalam bersikap dan bertindak agar berjalan semestinya. Bagaimana Pak Anies jika menjadi gubenur dalam menyikapi karakter inkonsistensi dengan latar belakang Pak Anies, agar tidak timbul masalah baru?

Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden 2014 adalah salah satu juru bicara Joko Widodo, pesaing Prabowo Subianto. Saat itu Anies sempat menyebut bahwa Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa didukung mafia. Namun saat ini, Anies didukung partai yang dipimpin Prabowo, Gerindra, untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta bersama Sandiaga Uno.

Sesuai
Anies Baswedan

Cagub DKI Jakarta nomor urut tiga

Anies menyebut, lebih dari 30 persen warga tidak memiliki rumah sendiri di Jakarta.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyatakan, sebanyak 48,91 persen warga DKI Jakarta tak punya tempat tinggal sendiri. Jumlah warga yang mengontrak hampir sama dengan yang memiliki rumah sendiri, sekitar 51,09 persen. Jakarta merupakan provinsi dengan kepadatan tertinggi di Indonesia. Data BPS 2016 menyatakan, kepadatan penduduk di DKI Jakarta mencapai 15.328 jiwa per kilometer persegi. Secara nasional angka kepemilikan rumah mencapai 82,63 persen.

Sesuai
Agus Harimurti Yudhoyono

Cagub DKI Jakarta nomor urut satu

Konsep rumah apung itu sudah dikenal dimana-mana di dunia, saya memberikan contoh ketika interview di media, sebagai sebuah ilustrasi bahwa membangun tanpa menggusur itu memungkinkan dan bisa dilakukan.  Tetapi tidak pernah dalam satu program kami berdua yang menempatkan rumah apung sebagi progam unggulan Agus-Sylvi.

Agus menyebut konsep rumah apung saat beraudiensi dengan sebuah media massa, Oktober 2016. Sebagai ilustrasi, Agus menyebut banyak kota dunia yang bangunannya mengapung di atas air. Agus menjelaskan hal ini untuk menjelaskan bahwa penggusuran kawasan bantaran kali bukan satu-satunya solusi. Dalam 10 program kerjanya, soal perumahan ada dalam program nomor enam yakni: Peningkatan Pembangunan Infrastruktur dan Perumahan yang meliputi percepatan dan penambahan infrastruktur jalan, peningkatan prasarana perumahan rakyat, peningkatan prasarana air bersih.

Sesuai