logo CNN Indonesia

Modernisasi Alutsista

Eurofighter Tawarkan Jet Tempur ke Indonesia

, CNN Indonesia
Eurofighter Tawarkan Jet Tempur ke Indonesia Eurofighter menawarkan jet tempur andalannya, Eurofighter Typhoon, untuk melengkapi armada tempur RI. (Dokumen Maverick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsorsium Eurofighter yang didukung Spanyol, Italia, Jerman, dan Inggris, menjajaki kerjasama dengan perusahaan industri pesawat RI, PT Dirgantara Indonesia, untuk mengembangkan pesawat tempur.

Pada Indo Defence 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, yang digelar Rabu sampai Sabtu (5-8/11), Eurofighter memamerkan jet tempur andalan mereka, Eurofighter Typhoon. Eurofighter serius membidik Indonesia sebagai pasar karena RI dipandang sebagai salah satu negara yang progresif dalam memodernisasi peralatan tempurnya.

“Dalam acara Indo Defence, para pembuat keputusan kunci akan fokus pada satu aspek penting dalam mewujudkan masa depan Indonesia yang cerah, mengoptimalisasi keputusan investasi terkait kapabilitas pertahanan Indonesia,” kata Alberto Gutierrez, CEO Eurofighter Jagdflugzeug GmbH.

Untuk itu Eurofighter menawarkan Indonesia untuk terlibat sepenuhnya dalam program produksi pesawatnya. Eurofighter menjanjikan kerjasama ini dapat memberikan keunggulan pertahanan udara bagi RI, membuat RI dapat mengembangkan kapabilitas lokal melalui transfer keahlian, dan membangun pondasi kuat bagi industri kedirgantaraan militer RI untuk beberapa dekade ke depan.

“Dalam persaingan bisnis, semua orang akan mengatakan betapa hebatnya produk mereka, betapa cepat, kuat, dan bermanfaatnya produk itu. Kami mampu dan akan membuktikan kemampuan Eurofighter Typhoon,” ujar Gutierrez.

Gutierrez menyatakan Eurofighter memiliki pengalaman dan rekam jejak dalam membantu suatu negara mengembangkan infrastruktur dan kapabilitas pertahanannya. Eurofighter bahkan menjanjikan Indonesia bakal memperoleh manfaat berlipat ganda jika memilih produknya, baik dari sisi keamanan nasional maupun keuntungan investasi.

“Melindungi kepulauan Indonesia merupakan suatu upaya besar. Dilihat dari sisi pertahanan udara, Anda membutuhkan sebuah aset yang cepat, mampu terbang tinggi, memiliki daya tahan, serbaguna, dan cukup handal. Kami percaya Eurofighter Typhoon dapat menjadi aset tersebut,” kata Gutierrez.

Ia menekankan, konsorsium Eurofighter siap bekerjasama dengan industri kedirgantaraan Indonesia. “Kami telah mengirimkan total 418 pesawat untuk enam pelanggan, dan kami sedang dalam tahap mempersiapkan pengiriman untuk pelanggan yang ketujuh. Kemampuan dan kapasitas produksi kami yang tersebar di empat negara menunjukkan bahwa kami dapat memberikan sejumlah pilihan penawaran bagi Indonesia,” ujar  Gutierrez.

Saat ini Eurofighter aktif menggelar pertemuan dengan para pemangku kepentingan di RI. Indo Defence Expo menjadi ajang bagus bagi para produsen alat utama sistem senjata dunia untuk menawarkan produk-produk mereka ke Indonesia yang tengah membangun armada tempurnya besar-besaran.

Baca: Jejak SBY Bangun Armada Perang (agk)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Membangun Armada Tempur RI
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video