logo CNN Indonesia

Aktivis Walhi Penolak Reklamasi Bali Dilaporkan Ormas Pospera

, CNN Indonesia
Aktivis Walhi Penolak Reklamasi Bali Dilaporkan Ormas Pospera
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Dewan Nasional Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) I Wayan Gendo Suardana akan dilaporkan oleh organisasi masyarakat Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) ke Mabes Polri. Laporan terkait dugaan penghinaan melalui media sosial yang diduga dilakukan Gendo pada Pospera dan pembina ormas tersebut, Adian Napitupulu.

Menurut juru bicara Pospera Sarmanto Tambunan, hinaan dilayangkan Gendo melalui akun twitter miliknya @gendovara. Dalam kicauannya, Gendo memelesetkan singkatan Pospera menjadi Posko Pemerasan Rakyat. Sementara nama Adian Napitupulu dipelesetkan menjadi Napitupulus.

Sarmanto juga mengatakan bahwa Adian yang juga politikus PDI Perjuangan, juga dihina secara fisik oleh Gendo. "Ini bentuk penghinaan secara IT (teknologi informasi)," kata Sarmanto kepada CNNIndonesia.com, Senin (15/8).

Sebelum melaporkan, Pospera telah meminta klarifikasi kepada Gendo melalui Walhi. Klarifikasi dilayangkan ke organisasi lingkungan hidup itu karena status Gendo sebagai salah satu anggota Dewan Nasional Walhi.

Permintaan klarifikasi tersebut sekaligus desakan agar Gendo meminta maaf. Namun hingga kini tidak ada respons dari Walhi atau Gendo. Karena itu langkah hukum ditempuh agar masalah ini bisa diselesaikan sekaligus untuk meredam kemarahan para anggota Pospera.

Selain di Jakarta, anggota Pospera juga menurut Sarmanto akan melaporkan Gendo di beberapa daerah lain seperti di Sumatera Utara, Bali, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur. "Lima daerah tersebut yang sudah terkonfirmasi akan melaporkan juga," katanya.

Sejauh ini, baru Pospera sebagai organisasi yang akan melaporkan kasus ini ke kepolisian. Sementara Adian sendiri, kata Sarmanto, belum akan melaporkan kasus ini. "Kami akan tanyakan dulu ke dia (Adian)," katanya.

Wayan Gendo Suardana seperti tercantum dalam biodata akun Twitter @gendovara merupakan Koordinator Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi (ForBALI) Teluk Benoa. Dalam situs resmi Walhi, nama Gendo tercantum sebagai Anggota Dewan Nasional Walhi periode 2016-2020.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video