logo CNN Indonesia

Nama 12 Awak Pesawat Hercules yang Jatuh di Wamena

, CNN Indonesia
Nama 12 Awak Pesawat Hercules yang Jatuh di Wamena Ilustrasi pesawat Hercules. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi terhadap korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 A-1334 milik TNI AU di Wamena, Minggu (18/12). Pesawat itu hilang kontak setelah meminta izin mendarat kepada menara di landasan udara di Wamena, sekitar pukul 06.09 WIT.

Lokasi jatuhnya pesawat, setelah diduga terperangkap dalam kabut dan menabrak Gunung Lisua, sudah ditemukan. Demikian pula dengan 12 awak pesawat yang menjadi korban. Tim SAR saat ini mengevakuasi korban di sekitar 10 kilometer dari Kota Wamena.

Mengutip Antara, korban pesawat yang dikemudikan oleh Mayor (pnb) Marlon Kawer itu termasuk Kapten (Png) J. Hotian Saragih, Lettu (Pnb) Hanggo Fitradhi, Lettu (nav) Arif Fajar Prayogi, Peltu Lukman Hakim, Peltu Suyata, Peltu Kusen, Serma Kudori, Peltu Agung Tri, Pelda Agung S, Serma Fatoni, dan kru tambahan Suyanto.


Menurut Twitter TNI AU, pesawat itu sedang dalam misi dukungan logistik. Mereka mengangkut sembako untuk masyarakat Wamena. “Itu memang rutin dilakukan TNI AU,” demikian ditulis. Selain sembako, terdapat pula semen yang berat totalnya mencapai 13 ton.

Pesawat itu sendiri berkapasitas 15 ton.



Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian mengatakan, pesawat tersebut tidak dibawa kendali Kodam XVII Cenderawasih. "Dari laporan yang saya terima, pesawat tersebut dalam rangka latihan dan sebelumnya singgah di Timika," ujar Mayjen TNI Siburian.

Sebelumnya diberitakan, pesawat itu hilang kontak setelah mendapat izin mendarat dari menara Wamena. Pesawat itu berada di ketinggian 5.400 kaki. Tim SAR kemudian menemukan lokasi jatuhnya pesawat, di Distrik Minimo, sekitar pukul 08.40 WIT. Seluruh awak tewas.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Hercules Jatuh Lagi
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video