logo CNN Indonesia

Aksi Tolak Pabrik Semen Kendeng

CNN Indonesia, CNN Indonesia
Jumat, 17/03/2017 20:53 WIB
Artikel belum tersedia
Warga pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah melanjutkan aksi penolakan operasi pabrik semen dengan mengecor kaki dengan semen. Sebaliknya, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyatakan kesiapannya memulai proses produksi pada April 2017. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Beberapa warga di Pegunungan Kendeng khawatir dengan kerusakan alam sebagai akibat penambangan pabrik Semen Rembang. Namun, manajemen menjawabnya dengan membangun embung atau sumber air. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Lokasi tambang Semen Indonesia di Rembang terletak di kawasan Cekungan Air Tanah (CAT) Watuputih, Pegunungan Kendeng Utara. Kawasan ini ditetapkan sebagai CAT berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26/2011 tentang Penetapan CAT. (CNN Indonesia/Safir Makki)
CAT seluas 31 kilometer persegi ini memiliki potensi suplai air yang sangat besar bagi 14 kecamatan di Rembang. Berdasarkan Pasal 25 Undang-Undang (UU) Nomor 7/2004 tentang Sumber Daya Air, CAT merupakan kawasan konservasi yang perlu dilindungi dan dikelola. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Keberadaan pabrik semen kembali menuai penolakan setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali menerbitkan izin lingkungan baru. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Masyarakat Rembang yang terdiri dari para petani kemudian menggelar aksi menyemen kaki mereka di depan Kompleks Istana Kepresidenan, selama pekan ini. Mereka berkeras menolak keberadaan pabrik semen di lingkungan mereka. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sejak mendapatkan izin penambangan dan izin lingkungan baru dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada 23 Februari 2017 lalu, Semen Indonesia bergegas merampungkan pembangunan pabriknya di Rembang. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Selama sepekan ini, proyek pembangunan pabrik Semen Rembang telah dinyatakan rampung 100 persen, sehingga pabrik pun siap untuk beroperasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pabrik semen Rembang kini tengah melakukan proses uji coba (trial) produksi dari satu tahapan ke tahapan lain. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dalam uji coba produksi, pabrik Semen Rembang mampu menghasilkan semen sebanyak 6 ribu ton per hari, dari yang ditargetkan 8.600 ton per hari. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pemerintah meminta semua pihak menunggu Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) terkait keberadaan pabrik PT Semen Indonesia di Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Foto Lainnya
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video