logo CNN Indonesia

Memanusiakan Warga Binaan

ANTARA FOTO, CNN Indonesia
Kamis, 20/04/2017 18:17 WIB
Artikel belum tersedia
Personel Polres Aceh Timur mengawasi Rumah Tahanan Idi usai kerusuhan di Desa Gampong Jalan, Kecamatan Idi rayeuk, Aceh Timur, Aceh, Jumat (24/3). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Penempatan tahanan di rutan Idi melebihi kapasitas yang mencapai 378 orang dari daya tampung 70 orang. Jumlah tahanan yang masuk, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tahanan yang keluar. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Di tengah persoalan populasi penjara, pelbagai upaya pun dilakukan pemerintah untuk merehabilitasi para narapidana, di antaranya mengembangkan bakat untuk menghasilkan produk yang menghasilkan. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Ada yang mengembangkan kerajinan macam ulos hingga melukis. Hasil produk mereka pun dipasarkan melalui Pameran Produk Unggulan Narapidana. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Pengelola Lapas juga menggelar program lainnya untuk narapidana perempuan. Salah satunya, narapidana perempuan Rutan Kelas I Surakarta yang mengikuti lomba memasak nasi goreng di Solo, Jawa Tengah, Kamis (20/4). (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Ada pula yang suka dengan seni. Sehingga, pembinaan lain macam berlatih menari di Lapas Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (18/4) juga dilakukan. Kegiatan tersebut juga untuk menyalurkan bakat narapidana. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)
Selain pendidikan informal, sebagian narapidana pun masih mengejar ketertinggalan mereka di bidang pendidikan formal. Contohnya, warga binaan Rutan Kelas II B Serang yang ikut ujian Paket C di Serang, Banten, Sabtu (15/4). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
Kegiatan keagamaan pun tak lupa dilakukan. Sebagian warga binaan Lapas Klas 1 Makassar, misalnya, bersiap mengikuti khatam Aquran massal di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (20/4). Kegiatan itu dilakukan secara nasional dalam rangka menyambut HUT Kemasyarakatan ke-53. (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)
Tak hanya di Makassar, kemeriahan peringatan Hari Kemasyarakatan pun hadir di Lapas kelas IIB Indramayu, Jawa Barat, Kamis (20/4). Sebagian narapidana turut membaca Al Quran. (ANTARA (FOTO/Dedhez Anggara)
Pemerintah berupaya agar warga binaan Rutan menjadi insan yang lebih baik setelah mendapatkan pembinaan dan edukasi selama menjalani masa tahanan. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)
Foto Lainnya
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video