logo CNN Indonesia

Palembang Bakal Siap Tepat Waktu untuk Asian Games

, CNN Indonesia
Palembang Bakal Siap Tepat Waktu untuk Asian Games
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yakin Palembang akan ada dalam kondisi siap jelang Asian Games digelar pada 2018 mendatang.

Palembang akan jadi tuan rumah bersama Jakarta untuk ajang Asian Games 2018 mendatang. Alex sendiri mengakui bahwa saat ini kondisi persiapan Palembang masih jauh dari standar yang ditetapkan.

"Palembang sekarang memang masih kacau balau. Tapi 6 bulan sebelum event (Asian Games 2018), Palembang akan menjadi kota paling cantik di Indonesia," kata Alex kepada para awak media di Senayan, Minggu pagi (27/12).

"Masih ada waktu 2,5 tahun jelang Asian Games, namun kurang dari itu bila memperhitungkan test event yang digelar setahun sebelumnya."

"Yang pasti kami akan terus mengerjakan persiapan dan memastikan bahwa venue pertandingan akan selesai sebelum batas waktu tersebut," kata Alex berjanji.

Alex menjabarkan bahwa Jakabaring Sport City memiliki 18 venue untuk berbagai macam cabang olahraga berstandar internasional. Kompleks olahraga tersebut sebelumnya pernah digunakan saat menggelar SEA Games, Islamic Solidarty Games, dan berbagai ajang internasional lainnya.

Selain pembenahan venue, Palembang juga melakukan pembangunan sarana dan pra-sarana besar-besaran. Light Rail Transit (LRT) diperkirakan akan selesai pada 1 Januari 2018, delapan bulan sebelum Asian Games.

Selain itu, Palembang juga berencana membangun tiga ruas jalan tol, dua jembatan musi yang baru, fly-over, underpass, pembangkit listrik, dan beberapa hal lainnya. Kebutuhan dana untuk menutupi pembiayaan pembangunan tersebut didapat dari dana bantuan pemerintah pusat dan pihak ketiga.

"LRT itu menghabiskan 7.2 triliun rupiah, tiga ruas jalan tol 12.7 triliun rupiah, 2 jembatan musi kira-kira 3 triliun rupiah. Kami tidak ada uang, yang kami miliki itu semangat. Mudah-mudahan 1 januari 2018 semua selesai."

"Namun di antara semua sarana prasarana, wisma atlet paling penting," ucapnya.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video