logo CNN Indonesia

Ezra Walian Resmi Menjadi WNI

, CNN Indonesia
Ezra Walian Resmi Menjadi WNI Menurut sang ayah, Ezra Walian, telah membuat keputusan penting saat memilih untuk kembali dan bercita-cita membela timnas Indonesia. (Screenshoot via Instagram/@ezrawalian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ezra Walian akhirnya berpeluang besar melakoni laga debut bersama timnas Indonesia. Hal itu terjadi karena proses naturalisasi pemuda berusia 19 tahun itu untuk menjadi WNI itu telah rampung seluruhnya.

Naturalisasi Ezra itu tertuang lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5/PWI Tahun 2017 yang dikeluarkan pada Senin, 20 Maret 2017.

Pemuda yang bernama lengkap Ezra Harm Ruud Walian itu pun diminta bersumpah atau janji setia paling telat tiga bulan setelah dokumen tersebut diterimanya. Jika tak dilakukan setelah tiga bulan, status WNI bagi Ezra akan hangus.

Ezra yang lahir di Amsterdam, Belanda, pada 22 Oktober 1997 itu memiliki garis keturunan dari Manado, Sulawesi Utara. Pria yang bermain untuk tim cadangan Ajax Amsterdam, Jong Ajax itu diketahui telah mengajukan naturalisasi jadi WNI sejak Desember tahun lalu.

Pengakuan Ezra sebagai WNI itu pun menjadikan dirinya sebagai pesepak bola termuda yang pernah dinaturalisasi Indonesia. Sebelumnya status itu dipegang Kim Jeffrey Kurniawan (Persib Bandung). Pemain berdarah Jerman itu dinaturaliasi pada 2010 ketika masih 20 tahun.

Ezra yang bermain untuk tim cadangan Ajax Amsterdam, Jong Ajax, saat ini masih 19 tahun. Pemain berdarah Manado itu baru akan berulang tahun ke-20 pada 22 Oktober mendatang.

Ezra sendiri hari ini telah berada di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, mengikuti latihan bersama timnas Indonesia U-22 jelang laga uji coba melawan Myanmar besok. Status WNI yang didapatkan Ezra pun membuat dirinya berpeluang debut bersama timnas Indonesia besok.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Era Baru Timnas Indonesia
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video