BREAKING NEWS

LIVE: Ledakan di Jakarta, ISIS Klaim Bertanggung Jawab

, CNN Indonesia
LIVE: Ledakan di Jakarta, ISIS Klaim Bertanggung Jawab Terduga pelaku serangan di Jalan MH Thamrin hari ini, Kamis (14/1/2016). (Xinhua/Veri Sanovri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua ledakan terjadi di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Suasana tampak mencekam. Polisi menutup dan mensterilisasi kawasan itu. Jalan Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia ditutup untuk dua arah.

Berikut pantauan langsung tim CNNIndonesia.com --Abi Sarwanto, Abraham Utama, Aghnia Adzkia, Aulia Bintang Pratama, Hanna Azarya Samosir, Lalu Rahadian, Megiza, Resty Armenia, Rinaldy Sofwan Fakhrana, dan Susetyo Dwi Prihadi-- di lokasi kejadian.


Pukul 21.45

Kepala Kepolisian Resor Jakarta Pusat Komisaris Besar Hendro Pandowo memastikan bunyi dentuman yang terjadi sekitar pukul 21.28 WIB merupakan letusan ban truk. "Sudah dikonfirmasi itu ban truk yang meletus. Memang kalau truk anginnya kepenuhan meletus kencang," kata Hendro. 
"Suara ledakan memang sensitif karena di dekat lokasi aksi teror," kata Hendro. 


Pukul 21.28

Arus lalu lintas di kawasan MH Thamrin, Jakarta, terpantau lengang. Jalan dari arah Monas menuju Semanggi dan sebaliknya telah kembali dibuka setelah terdengar letusan dari ban truk. Hal serupa terjadi untuk kendaraan dari arah Tanah Abang ke Cikini dan sebaliknya.


Pukul 21.15

Mabes Polri menetapkan keamanan di Indonesia dengan status siaga I pasca aksi teror di kawasan Thamrin, Jakarta, siang ini (14/1). "Sejak jam 17.00 WIB tadi siaga I seluruh Indonesia. Untuk itu anggota Polri meningkatkan kesiagaan, memaksimalkan pengamanan," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Inspektur Jenderal Anton Charliyan di kantornya. 
Dia mengatakan, penetapan siaga I ditetapkan di seluruh Indonesia karena bisa jadi teroris melarikan diri ke daerah di luar Jakarta. "Karena jaringan teroris tersebar di seluruh Indonesia. Kami tidak tahu ke mana dia lari," kata Anton. 
 

Pukul 21.12

Sejumlah polisi saat ini tengah bersiap menyusuri Gedung Jaya dengan dilengkapi senjata laras panjang dan rompi antipeluru. Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, rombongan polisi tersebut dipimpin oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Krishna Murti.

Penyisiran dilakukan setelah sempat terdengar bunyi letusan yang sementara ini diduga berasal dari ban truk yang pecah. Namun hingga kini, polis masih ingin memastikan sumber suara berdebum tersebut. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes M Iqbal menolak memberi komentar mengenai suara tersebut.


Pukul 20.55

Keributan sempat terjadi setelah sebuah ban truk meletus di kawasan MH Thamrin, Jakarta. Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, sejumlah warga sipil lari berhamburan setelah mendengar suara berdebum. Saat suara tersebut terdengar, lalu lintas di kawasan MH Thamrin masih lengang.


Pukul 20.25

Tiga korban masyarakat sipil yang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo diperbolehkan pulang ke rumah pasca mendapat penanganan malam ini, Kamis (14/1). Satu korban dari pihak kepolisian masih di rawat intensif di IGD

Menurut Kepala Humas RSCM Sulastin, ketiga korban diperbolehkan pulang karena hanya mendapat luka ringan. "Ketiganya hanya luka ringan," kata Sulastin.


Pukul 20.20

Setelah sembilan jam serangan bom, kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, terpantau ramai lancar. Mobil pribadi dan angkutan transportasi publik tampak berjalan di perempatan kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta. Kendaraan dari arah Monas menuju Semanggi dan sebaliknya melaju seperti biasa. Hal serupa terjadi untuk kendaraan dari arah Tanah Abang ke Cikini dan sebaliknya. Bus TransJakarta dan feeder juga tampak beroperasi lancar.


Pukul 19.53

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, halaman parkir kedai kopi Starbucks di Skyline Building, Thamrin, Jakarta, ditutup dengan lempengan seng. Tiga petugas dari pihak gedung memasang lempengan seng dengan tinggi sekitar 1,75 meter.

Salah seorang petugas mengaku hanya diinstruksikan oleh bosnya untuk menutup gedung tanpa penjelasan alasan. "Iya saya kerja di sini dan disuruh menutup," kata petugas tersebut.


Pukul 19.19

Tito Karnavian menyatakan, polisi telah mengamankan enam buah bom yang belum sempat diledakan para pelaku teror di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, hari ini, Kamis (14/1). "Pada saat clearing device, ada lagi ditemukan enam bom, lima bom kecil sebesar kepalan tangan kami sebut dengan granat tangan rakitan dan satu lagi bom yang lumayan besar sebesar kaleng biskuit. Jadi semua ada enam yang berhasil kami amankan," ujar Tito di Istana Negara.


Pukul 19.11

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian menyebut, Bahrun Naim memiliki pengaruh yang kuat di kalangan kelompok di Jawa dan Sulawesi. Menurut Tito, dia pernah terlibat menyimpan peluru tahun 2011 di Jawa Tengah dan ditahan. Setelah divonis tiga tahun, dia bertolak ke ISIS tahun 2014.


Pukul 19.00

Polri menyebut nama Bahrun Naim sebagai orang yang diduga merancang aksi teror di Jalan MH Thamrin, Jakarta. Bahrun Naim bukan nama baru. Berdasarkan catatan dan informasi yang dimiliki CNNIndonesia.com, Bahrun sempat tercatat bergabung dengan Jamaah Anshorut Tauhid sekitar September 2008.

Pria kelahiran Pekalongan 6 September 1983 ini disebut terafiliasi dengan Abdullah Sunata, yang ditangkap detasemen khusus 88 di Klaten Jawa Tengah tahun 2011. Bahrun diduga ikut mnyembunyikan buronan Noordin M Top serta terlibat dalam beberapa aktivitas teror.

Sumber CNNIndonesia.com menyebut, Bahrun berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS tahun 2014.

Bahrun memiliki nama lengkap Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo. Dalam kelompoknya dulu, menurut sumber CNNIndonesia.com, ia memiliki nama panggilan Nai’m atau Abu Rayyan atau Abu Aisyah.


Pukul 18.39

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut, jumlah korban meninggal dalam serangan teror di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, berjumlah dua orang, sedangkan 20 orang lainnya mengalami luka berat dan ringan. Dua korban meninggal adalah WN Kanada dan WNI. Jumlah ini tidak termasuk lima pelaku teror yang tewas karena ledakan bom bunuh diri dan ditembak mati polisi.


Pukul 18.37

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyebut, ada tiga korban ledakan di MH Thamrin yang menjalani operasi di IGD RSPAD Gatot Subroto. Nila menyebut, tiga korban yang menjalani operasi itu beberapa di antaranya terkena serpihan ledakan yang masuk ke bagian kepala dan perut. 


Pukul 18.19

Media pemberitaan ISIS mengklaim, serangan bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, dilakukan oleh kelompok teror tersebut. "Pejuang Negara Islam (ISIS) melakukan serangan bersenjata pagi ini, menargetkan warga asing dan pasukan keamanan yang bertugas melindungi mereka di ibu kota Indonesia," bunyi laporan kantor berita Aamaaq di akun Telegram milik media ini, dikutip dari Reuters, Kamis (14/1).


Pukul 17.59

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian menyebut, serangan di MH Thamrin dirancang oleh salah satu tokoh kelompok ISIS di Asia Tenggara, Bahrunnaim. Serangan dilakukan karena Bahrun Naim ingin mendirikan Katibah Nusantara lantaran ingin menjadi leader. Hal itu membuat terjadi rivalitas leadership di kalangan pimpinan kelompok ISIS di Asia Tenggara.

"Jadi antar para tokoh ini ingin bersaing menjadi leadership. Oleh karena itu, Bahrunnaim merancang serangan ini. Sementara kelompoknya sudah kami ketahui dan kami lakukan pengejaran," ujar Tito.



Pukul 17.57

Gubernur Jakarta Ahok, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Menteri PMK Puan Maharani meninggalkan IGD RSPAD Gatot Subroto. Puan membenarkan ada warga negara Belanda dan Aljazair yang menjadi korban ledakan Thamrin yang dirawat di RSPAD. Warga Belanda saat ini sedang dioperasi.


Pukul 17.55

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian tiba di RSPAD Gatot Subroto. Hingga kini para korban ledakan di MH Thamrin masih ditangani. Korban yang dirawat di RSPAD sebanyak sembilan orang.


Pukul 17.18

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersama Menteri Kesehatan Nila Moeloek tiba di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, melalui pintu belakang Instalasi Gawat Darurat. Keduanya membesuk korban ledakan di MH Thamrin yang berjumlah sembilan orang dirawat di RS tersebut.

Sebelumnya, perwakilan dari Dubes Belanda datang dengan keluarga korban, dan menolak memberi komentar.


Pukul 16.53

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menyebut kemungkinan yang sama dengan Polri bahwa kelompok penyerang di MH Thamrin adalah ISIS. Dia menduga pelaku adalah anggota ISIS yang kembali ke Indonesia. "Itu ciri-ciri serangan mereka selalu begitu. Oleh karena itu, negara sebesar apapun seperti Amerika, Perancis juga bisa saja jebol karena hal itu," kata Sutiyoso.


Pukul 16.51

Juru Bicara Polri Irjen Anton Charliyan juga mengatakan, jumlah pelaku sebanyak lima orang dan dipastikan tewas. Hingga kini, polisi masih terus mengidentifikasi identitas pelaku dan identifikasi wajah. "Kami juga menganalisa CCTV. Sementara kami kumpulkan jejak rekam dan saksi di TKP," tutur Anton.


Pukul 16.47

Polisi menduga kuat bahwa serangan teror di Jalan MH Thamrin dilakukan kelompok ISIS. Juru Bicara Polri Inspektur Jenderal Anton Charliyan mengatakan, dugaan menguat karena sudah ada warning setelah kejadian teror di Perancis. "Di sana dikatakan salah satu petinggi di Suriah akan ada konser di Indonesia dan akan jadi berita internasional," ujar Anton.


Pukul 16.37

Saat ini teridentifikasi korban ada 26. 5 polisi. 5 pelaku. Satu orang asing. Enam sipil. Korban Md ada 7 oranh dan lainnya luka berat saat ini di RS.


Pukul 16.35

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengungkapkan, selain Ibu Kota Jakarta, para teroris juga menjadikan Bali sebagai target serangan. Untuk kawasan Jakarta, dua bulan lalu teroris menarget kawasan Senayan dan Bundaran Hotel Indonesia.


Pukul 16.24

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir dan dua orang staf dari Kedutaan Besar Belanda mendatangi RSPAD Gatot Subroto untuk menemui korban yang sedang dirawat.


Pukul 16.00

Empat korban ledakan di Jalan MH Thamrin sedang ditangani di RSCM, Jakarta. Tindakan operasi akan dilakukan terhadap korban ledakan. Sejumlah korban lainnya juga dibawa ke RSPAD Gatot Subroto dan RS Polri Kramat Jati.


Pukul 15.50

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Saud Usman Nasution mengatakan, para pelaku teror mengincar titik lemah untuk diserang. "Saya sering menyampaikan, mereka seringkali mengatakan ada niat, tinggal ada kesempatan atau tidak. Akan ada 'konser', kan itu sudah niat," ujar Saud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.


Pukul 15. 49

Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan, polisi membutuhkan waktu dua hari untuk mengetahui daya ledak bom yang dilempar pelaku teror. Namun perkiraan sementara Luhut, bom yang diledakkan tersebut berdaya ledak rendah (low explosive). "Karena dari asap dan pengecekan Puslabfor," ujar Luhut.


Pukul 15.46

Menteri Luhut mengatakan, aparat belum bisa memastikan apakah pelaku teror terkait dengan Kelompok ISIS atau bukan. Luhut mengaku meminta waktu untuk melakukan investigasi.


Pukul 15.42

Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, lima teroris tewas. Luhut memastikan aparat penegak hukum telah mengendalikan situasi. "Ini bom bunuh diri satu orang masuk ke Starbucks dan tiga orang mencoba membawa bom lempar, dan itu yang ditembak reserse," ujar Luhut.


Pukul 15.38

Menteri Luhut Panjaitan menolak anggapan sejumlah pihak bahwa aparat penegak hukum kecolongan sehingga menyebabkan insiden di MH Thamrin terjadi. Menurut Luhut, para teroris itu menyerang di saat aparat sedang kendur.

"Kita jangan mengatakan intelijen kecolongan. Ini operasi gerilya, kami siap, mereka istirahat, selagi kita kendor karena manusia, mereka menyerang," ujar Luhut di lokasi kejadian.


Pukul 15.29

Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, hingga saat ini kepolisian bekerja sama dengan BIN masih melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku yang terlibat dalam aksi teror di kawasan MH Thamrin.


Pukul 15.20

Olah tempat kejadian perkara (TKP) MH Thamrin selesai dilakukan. Jalanan umum di sekitar lokasi kejadian kembali dibuka. 


Pukul 15.15

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti tiba di lokasi kejadian.


Pukul 15.12

Tim gabungan yang terdiri dari Inafis dan Laboratorium Forensi Polri hingga kini masih melakukan olah tempat kejadian perkara. Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar M Iqbal mengatakan, tim gabunga mengumpulkan paku, baut, dan serpihan di lokasi kejadian.


Pukul 15.06

Pengamanan di sekitar lokasi kejadian belum dikendurkan. Tim gegana masih berjaga di setiap sudut lokasi kejadian.


Pukul 14.46

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan pergerakan teroris di Sarinah tidak terdeteksi oleh aparat. Namun sesungguhnya seluruh aparah di Indonesia telah memperkirakan bakal ada aksi teror.


Pukul 14.42

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tiba di lokasi kejadian. Sebelumnya di Balai Kota DKI Jakarta ia mengatakan aksi teror ialah tindakan pengecut yang tak dibenarkan semua agama, terlebih menghilangkan nyawa orang seenaknya.


Pukul 14.35

Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan mendatangi lokasi kejadian pukul 14.15 dengan mengenakan baju putih. Dia mengatakan Jakarta dalam keadaan aman. Tapi tak lama kemudian ada teriakan "Bom!" sehingga warga berlarian.

Luhut menyatakan Indonesia tak akan menetapkan status siaga I pascaledakan Thamrin. Presiden pun, kata Luhut, tak perlu diungsikan.


Pukul 14.34

Wakapolri Komjen Budi Gunawan mengatakan, serangan di MH Thamrin berkaitan dengan konteks serangan ISIS di Paris. Hingga saat ini tidak ada penyanderaan dan penempatan kelompok penembak jitu (sniper). Senjata yang digunakan kemungkinan adalah bom, MN, dan ada pula granat yang masih aktif.


Pukul 14.33

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letnan Jenderal (Purn) Sutiyoso mengatakan tidak peduli jika dianggap kecolongan atas insiden di MH Thamrin. "Terserah kamulah mau ngomong apa," ujar Sutiyoso di lokasi kejadian hari ini.


Pukul 14.30

Wakapolri Budi Gunawan menambahkan, dari hasil pengembangan Densus 88 atas kasus di Bandung, terdapat enam orang Kelompok Solo. Polisi mengetahui bahwa terdapat tiga pelaku perencana bom ini yang belum tertangkap.

Menurut Budi, kemungkinan besar ketiga orang tersebut termasuk dalam kelompok yang ikut melakukan serangan hari ini.

Sementara itu, berdasarkan pantauan CNN Indonesia di kawasan MH Thamrin, baru saja polisi menyuruh warga untuk menjauh dan beberapa aparat bersembunyi di belakang mobil lapis baja. Belum diketahui penyebabnya.


Pukul 14.15

Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan menyatakan total ada 16 korban. Dari 16 korban itu, empat ialah pelaku teror. Empat orang teroris itu telah tewas —dua karena bom bunuh diri, dan dua ditembak polisi.

Masih di antara 16 korban, di luar empat teroris yang tewas, tujuh korban lainnya berasal dari masyarakat. Dari tujuh warga itu, dua orang meninggal dunia dan lima orang luka berat.

Sementara sisa korban ialah polisi yang mengalami luka berat.


Pukul 14.10

Kedutaan Amerika Serikat, Australia, dan Inggris meminta warga mereka menghindari kawasan Thamrin, terutama Hotel Sari Pan Pacific dan Sarinah.


Pukul 14.07

Polisi membawa kantong oranye di atas tandu keluar dari Gedung Cakrawala.


Pukul 13.53

Wakil Kepala Kepolisian Komisaris Jenderal Budi Gunawan mengatakan ada kemungkinan pelaku teror Thamrin adalah kelompok ISIS.


Pukul 13.46

Enam korban ledakan tiba di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, menggunakan ambulans terpisah. Belum diketahui identitas mereka.


Pukul 13.40

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi Sapto Pribowo menegaskan teror di Jakarta menjadi prioritas Jokowi.


Pukul 13.30

Puluhan anggota Tim Gabungan Gegana, TNI, dan Polda dengan bersenjata laras panjang dan rompi antipeluru bersiap melakukan olah tempat kejadian perkara di kawasan Sarinah, termasuk Pos Polisi tempat ledakan pertama terjadi.

Mereka berkumpul di satu titik di depan Starbucks untuk berkoordinasi. Sementara Tim Reserse Kriminal Polda Metro Jaya mulai bergabung untuk berkoordinasi.


Pukul 13.26

Polisi mengumumkan di lokasi kejadian bakal melakukan olah tempat kejadian perkara. Seluruh tim berkumpul dan melakukan koordinasi.


Pukul 13.22

Alarm kebakaran di Gedung Skyline terus berdering. Gegana menyisir gedung.


Pukul 13.21

Sumber CNNIndonesia.com di RSCM mengatakan ada satu korban ledakan bom yang dibawa ke rumah sakit itu dengan paku di sekujur tubuhnya. Namun polisi belum mengkonfirmasi apakah ledakan ini berasal dari bom paku atau bukan.


Pukul 13.13

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Agus Rianto mengatakan ledakan hanya terjadi di Sarinah, tak ada di lokasi lain.


Pukul 13.10

Kabid Humas Polda Metro Jaya M. Iqbal mengatakan empat pelaku berhasil dilumpuhkan dan ditembak mati di jalan dan Menara Cakrawala, Kebon Sirih.

Total ada tujuh korban tewas, pelaku dan dari masyarakat.

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian dan Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan memantau di lokasi kejadian.

[Gambas:Video CNN]


Pukul 13.09

Proses evakuasi jenazah sedang berlangsung di sekitar Pos Polisi Sarinah, lokasi ledakan di jantung kota Jakarta. Terlihat empat mobil ambulans, dua dari PMI dan dua lagi dari polisi.

Sedikitnya dua jenazah telah diangkut menggunakan kantong jenazah berwarna oranye dan dimasukkan ke mobil ambulans.


Pukul 12.54

Mal Grand Indonesia yang terletak di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, menyatakan tutup sementara karena ledakan di sekitar Sarinah.


Pukul 12.52

Presiden Jokowi menyampaikan duka atas tragedi ledakan bom di Thamrin Jakarta Pusat; mengecam teror tersebut; memerintahkan Kapolri dan Menkopolhukam untuk mengejar dan menangkap pelaku serta seluruh jaringannya. Jokowi juga meminta masyarakat untuk tetap tenang.


Pukul 12.46

Evakuasi dilakukan di bagian belakang Hotel Sari Pan Pacific. Ambulans masuk hotel. Korban yang dievakuasi adalah yang sebelumnya tergeletak di Pos Polisi Sarinah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya M. Iqbal mengatakan korban jatuh berasal dari polisi, pengunjung, dan pelaku. Menurutnya, pelaku dilumuhkan.


Pukul 12.45

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang berkunjung ke daerah perbatasan kembali ke Jakarta untuk mengikuti rapat kabinet terbatas yang dipimpin Jokowi.


Pukul 12.37

Presiden Jokowi kembali ke Jakarta dari kunjungannya ke Cirebon. Dia akan langsung menggelar rapat kabinet terbatas setibanya di ibu kota.


Pukul 12.31

Satu korban masuk Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Belum diketahui bagaimana kondisi korban.


Pukul 12.27

Pengamanan Istana Kepresidenan diperketat. Pasukan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Detasemen Deteksi menurunkan anjing pelacak dan menyisir kompleks Istana.


Pukul 12.25

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan ledakan di Sarinah, Jakarta Pusat, merupakan peringatan untuk siaga satu.

Tjahjo menyatakan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo telah mendatangi lokasi ledakan untuk memantau langsung.

Pasukan Detasemen Khusus Antiteror 88 di lokasi ledakan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Pukul 12.22

Toko-toko di kawasan Sarinah seluruhnya tutup.


Pukul 12.19

Tim Gegana beranggotakan belasan orang menyusuri Djakarta Theater. Mereka berpakaian lengkap termasuk rompi antipeluru, dan menyandang senjata laras panjang.


Pukul 12.13

Sebanyak 500 personel polisi diterjunkan ke pusat Jakarta yang diguncang ledakan.

Lima ambulans disiapkan di depan Hotel Sari Pan Pacific.

Polisi dengan rompi antipeluru turun ke lokasi ledakan dan tembak-menembak di pusat Jakarta. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Pukul 12.10

Wartawan CNNIndonesia.com yang berada di Gedung Sarinah mendengar ledakan dari arah Tanah Abang. Sebelumnya juga terdengar tembakan di Gedung Lotus berulang kali dan ada suara pecahan kaca.

Suasana makin mencekam. Polisi berkumpul di pintu masuk Cinema XXI Djakarta Theater. Beberapa polisi terlihat berlarian menuju Pos Polisi Sarinah yang hancur. Polisi mengerahkan water cannon, helikopter.

Pasukan senapan laras panjang tiba.


Pukul 12.04

Kapolres Jakarta Barat Komisaris Besar Rudy Heryanto menetapkan status siaga 1 untuk wilayahnya.


Pukul 12.00

Tembakan terdengar berulang kali dari arah Gedung Lotus tepat di belakang Starbucks.

Gedung diawasi sniper. Jenazah korban belum diangkat masih menunggu kantung mayat.


Pukul 11.58

Gedung Djakarta Theater masih dikepung polisi. Terdengar suara tembakan. Polisi meminta wartawan mundur.

Kabid Humas Polda Metro Jaya M. Iqbal mengatakan ledakan mengincar pos polisi lalu lintas Sarinah. Jumlah pelaku belum bisa dipastikan, namun lebih dari empat orang.

Petugas melakukan proses evakuasi gedung Skyline dan memburu pelaku ke lantai atas



Pukul 11.55

Kadiv Humas Polri Irjen Anton Charliyan mengatakan ledakan bukan bom bunuh diri, tapi granat yang dilempar dari motor.

Di atas gedung Djakarta Theater ada kelompok bersenjata yang sedang diburu Tim Brimob, Gegana, dan Densus.

Gedung Djakarta Theater diawasi tim penembak jitu atau sniper.


Pukul 11.41

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hendro Pandowo tiba di lokasi. Dia membawa pasukan beranggotakan sekitar 30-40 personel. Mereka masuk ke lahan kosong sebelah Wisma Mandiri dan melakukan pemantauan dari lahan rimbun oleh ilalang itu.

Seorang satpam mengatakan ada pelaku yang lari ke arah gedung perkantoran di sekitar Sarinah.


Pukul 11.35

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah rampung bersaksi di persidangan Jero Wacik sempat menunggu setengah jam untuk memastikan jalur yang dilaluinya menuju Istana aman.


Pukul 11.30

Polisi melakukan sterilisasi lokasi kejadian, dari perempatan Patung Arjuna sampai Bundaran HI.

Peta lokasi ledakan di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Diolah dari Google Maps/Fajrian)
Pukul 11.29

Dari video yang ditayangkan TVOne, terlihat bom meledak dua kali di Pos Polisi Sarinah yang menghancurkan pos polisi di perempatan kawasan itu.


Pukul 11.27

Ambulans terlihat masuk ke lokasi kejadian. Ini ambulans kedua yang menuju lokasi setelah beberapaw aktu sebelumnya satu ambulans telah masuk lebih dulu.


Pukul 11.25

Polisi antiteror bergerak ke lokasi dan beberapa dari mereka mengarahkan senjata ke atas Gedung Sarinah.

Di depan Gedung Sarinah juga dipenuhi polisi antiteror. Garis polisi dipasang dari bekas Gedung Kedutaan Australia sampai Kebon Sirih.


Pukul 11.20

Tembak-menembak terdengar berhenti.

Kawasan yang dilanda ledakan di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. (Dok. Istimewa)
Pukul 11.16

Kapolda Metro Jaya dan Kabareskrim Polri bergerak menuju pos polisi dari Polda Metro Jaya dan Mabes Polri.


Pukul 11.15

Polisi menemukan senjata di lokasi.


Pukul 11.13

Polisi bersenjata lengkap laras panjang sudah masuk ke lokasi ledakan.

Dari kesaksian warga, ada sejumlah korban meninggal dunia, namun belum bisa dikonfirmasi dari pihak berwenang.


Pukul 11.12

Puluhan polisi bermotor menuju lokasi kejadian melalui Hotel Sari Pan Pacific.


Pukul 11.11

Polisi mulai menyerbu ke jalan dekat lokasi ledakan dan tembak-menembak yang berada di dekat Starbucks. Masih terdengar suara ledakan.

Polisi berlari menuju Gedung Sarinah untuk mengejar pelaku peledakan. (ANTARA/M Agung Rajasa)
Pukul 11.10

Empat polisi masuk dari Gedung Bangkok Bank ke lokasi kejadian. Tembakan mulai reda.


Pukul 11.00

Tembak-tembakan masih terdengar di Pos Polisi Sarinah, Thamrin Jakarta. Pos polisi hancur. Total terdengar enam ledakan. Polisi datang dengan senjata lengkap.

Satu orang terlihat tergeletak di tengah jalan Pos Polisi Sarinah, sedangkan satu orang lain berkewarganegaraan asing tergeletak di depan Starbucks.


Pukul 10.20

Ledakan mengguncang kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Disusul oleh rentetan ledakan berikutnya. (pit/agk)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Jakarta Diserang Teror
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video