logo CNN Indonesia

Bekerja di Dalam Kantor Sudah Tidak Zaman

, CNN Indonesia
Bekerja di Dalam Kantor Sudah Tidak Zaman Ilustrasi bekerja dengan laptop (Startup Stock Photos)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemajuan teknologi yang didukung kebutuhan mobilitas dan akses internet cepat, membuat karyawan yang bekerja di instansi tertentu tak perlu lagi duduk di dalam kantor.

Perusahaan teknologi Dell bersama Intel melakukan riset "Dell Global Evolving Workforce 2014" yang menunjukkan ada 52 persen orang percaya bahwa karyawan memiliki produktivitas yang sama bahkan lebih jika bekerja di rumah ketimbang di kantor.

Mereka mengatakan, bekerja di rumah memberi manfaat seperti mendapatkan 30 persen tidur lebih lama, 40 persen menghabiskan waktu di jalan lebih sedikit, dan 46 persennya mengaku lebih sedikit stres.

"Kehadiran perangkat dan koneksi internet menunjang produktivitas karyawan untuk bisa bekerja di manapun di luar kantor," ujar Timotius Oyong selaku Pakar SDM dan Karir.

Ia menuturkan, karyawan Indonesia rela menghabiskan uang untuk membeli gadget baru karena sadar perannya penting, khususnya untuk pekerjaan yang cenderung membutuhkan akses instan di mana saja.

Alasan lain yang membuat orang tak perlu bekerja di kantor juga diungkapkan Yohan Wijaya selaku Head of MNC. Ia menilai, dengan konektivitas yang sudah jauh lebih baik, sudah tak seharusnya karyawan itu diwajibkan datang ke kantor. Tapi itu dilihat lagi dari jenis pekerjaannya.

"Produktivitas juga bergantung pada jenis pekerjaan si karyawan terhadap jenis perangka yang ia gunakan. Misal, pekerjaan sales marketing yang banyak menghabiskan waktu di luar kantor jadi butuh device yang mobile seperti tablet," jelas Yohan saat ditemui di tempat yang sama.

Pun begitu tetap saja banyak karyawan yang masih lebih suka menghabiskan waktunya di kantor. Berdasarkan hasil riset Dell dan Intel, 97 persen orang masih melakukan hal itu. Sedangkan 35 persen mengaku melakukan pekerjaannya di luar kantor rata-rata dua jam dalam satu minggu.


0 Komentar
Terpopuler
CNN Video