logo CNN Indonesia

Startup Ruangguru Dapat Suntikan 'Tujuh Digit Dolar'

, CNN Indonesia
Startup Ruangguru Dapat Suntikan 'Tujuh Digit Dolar' Perusahaan rintisan lokal yang fokus pada pendidikan, Ruangguru.com, baru saja mendapat suntikan dana yang cukup besar dari investor asing. (Thinkstock/MicroWorks)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan rintisan lokal yang fokus pada pendidikan, Ruangguru.com, baru saja mendapat suntikan dana yang cukup besar dari investor asing.

Dalam siaran pers yang diterima CNN Indonesia, Ruangguru tak menyebutkan berapa total nilai investasi yang didapat, namun dapat dipastikan jumlahnya mencapai tujuh digit dalam mata uang dolar AS.

Investasi putaran Seri A itu dipimpin oleh Venturra Capital. East Ventures juga turut serta dalam pendanaan putaran ini, setelah dukungan pendanaan awalnya pada Agustus 2014. Dukungan investasi ini akan digunakan oleh Ruangguru.com untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sumber daya manusia serta diversifikasi layanan.


Ruangguru berambisi untuk menjadi penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di kawasan Asia Tenggara, dengan fokus untuk memungkinkan akses terhadap guru dan materi pembelajaran berkualitas.

Sejak didirikan pada April 2014, Ruangguru.com telah menjadi wadah bagi lebih dari 22.000 pengajar untuk terhubung dengan para pelajar di Indonesia, dengan menawarkan berbagai mata pelajaran - mulai dari pelajaran sekolah, persiapan tes tersandardisasi, bahasa asing, musik, olahraga dan sebagainya.


Pada tahun ini, Ruangguru.com melebarkan sayapnya ke layanan platform persiapan tes secara online – dikenal sebagai tes.ruangguru.com. Layanan tersebut memungkinkan para pelajar untuk mengakses ribuan bank soal yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan nasional secara gratis.

Platform ini juga menyediakan analisis data untuk membantu para pelajar memahami rekam perkembangan belajar mereka, sehingga siswa dapat lebih fokus pada bidang yang mereka rasa masih lemah.

Platform tes.ruangguru.com telah menarik perhatian pemerintah, terbukti dari proyek resmi pertamanya bersama Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk membantu para guru sekolah negeri dan swasta di Jakarta mempersiapkan diri mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015.

Selain itu, tes.ruangguru.com juga akan terus berkembang melalui kerja sama dengan universitas-universitas unggulan di Indonesia. Sebagai contoh, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia baru-baru ini memutuskan bekerja sama dengan tes.ruangguru.com untuk melaksanakan tes tryout online untuk ujian masuk universitas secara nasional.

(eno)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video