logo CNN Indonesia

4G LTE di Jakarta, Siapa yang Tercepat dan Terluas?

, CNN Indonesia
4G LTE di Jakarta, Siapa yang Tercepat dan Terluas? Ilustrasi. (CNN Indonesia/Diolah dari Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di penghujung 2015, persaingan operator seluler dalam menawarkan layanan 4G LTE mencapai titik terpanas karena mereka telah merampungkan pembangunan infrastruktur untuk akses Internet kecepatan tinggi itu. Mereka saling klaim sebagai penyedia 4G LTE tercepat, terluas, dan termurah.

Di Jakarta, sejauh ini sudah ada Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Smartfren, dan Internux Bolt, yang telah menyediakan 4G LTE di Ibu Kota.

Di tengah agresivitas para operator ini, CNN Indonesia memilih untuk melakukan uji jaringan 4G LTE di lima lokasi penting di Jakarta. Uji jaringan ini dilakukan sehari penuh, pada Selasa, 8 Desember 2015.

Sangat penting untuk diingat bahwa tes ini tidak komprehensif atau menyeluruh. Kami pun tidak mengklaim bahwa uji jaringan kami menggambarkan secara utuh atau mewakili kualitas jaringan 4G LTE dari lima operator telekomunikasi itu.

Kami mengeksekusi uji jaringan 4G LTE pada satu lokasi yang sama dan dengan peranti lunak yang sama, namun ada perbedaan pada peranti ponsel pintar yang digunakan.

Uji jaringan dieksekusi dengan lima ponsel pintar, yaitu Apple iPhone 5s model A1530 untuk menguji Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata. iPhone model ini telah mendukung 4G LTE di spektrum 900 MHz dan 1.800 MHz. Lalu ada Hisense PureShot Plus untuk menguji 4G LTE Smartfren karena perangkat ini mendukung 4G LTE di spektrum 850 MHz dan 2.300 MHz. Sementara untuk Bolt, kami memakai dan modem merek Movimax yang dirilis Internux dan menghubungkannya ke Motorola Nexus 6.

Sementara untuk peranti lunak, CNN Indonesia memakai aplikasi SpeedTest dari Ookla dan OpenSignal dari OpenSignal Inc. Setiap ingin melakukan uji kecepatan, kami selalu menutup dua aplikasi ini, lalu meluncurkannya kembali, sehingga aplikasi secara otomatis mencari dan menentukan server terbaik menurut SpeedTest dan OpenSignal. Sehingga, kami tidak memilih server secara manual.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan 4G LTE di Indonesia

Uji coba kecepatan akses dari lima layanan 4G LTE kami lakukan secara bersama-sama di lima titik lokasi secara diam dan berkeliling menggunakan mobil pada lokasi tertentu.


Uji jaringan 4G LTE kami lakukan di Mega Kuningan, sebagai kawasan perkantoran terpadu di Jakarta Selatan, lalu Pulo Gadung sebagai kawasan industri di Jakarta Timur, kemudian kita pergi ke Kelapa Gading sebagai pusat bisnis dan pemukiman elit di Jakarta Utara, teruskan perjalanan ke Grogol yang menjadi tempat bagi sejumlah kampus besar di Jakarta Barat, dan terakhir di kawasan wisata Monas yang dekat dengan kantor pemerintahan di Jakarta Pusat serta Stasiun Gambir.

Dari uji yang kami lakukan, jaringan XL Axiata memberi performa yang sangat mengesankan dalam keadaan diam maupun bergerak di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, yang merupakan lokasi kantor pusat XL. Indosat dan Smartfren memperlihatkan performa yang cukup baik di kawasan ini, dan Telkomsel terlihat loyo, apalagi Bolt. (Baca: Di Mega Kuningan, Semua Operator Takluk oleh XL)

Di Kelapa Gading, Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren terlihat "kejar-kejaran" dalam menyalurkan data secara bergerak maupun diam di kawasan bisnis Boulevard. Sayangnya, CNN Indonesia tidak mendapatkan akses Internet dari layanan Bolt. (Baca: XL dan Telkomsel Kejar-kejaran di Pulo Gadung)


Telkomsel membalas XL sebagai operator yang memberi layanan 4G LTE tercepat di kawasan industri Pulo Gadung, dan XL membuntuti di peringkat kedua. Indosat dan Smartftren terlihat memberi layanan dengan kecepatan unduh yang tidak jauh berbeda di kawasan yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya pabrik-pabrik di Jakarta Timur. (Baca: Di Kelapa Gading Kecepatan 4G LTE Kendur)

Beralih ke daerah Grogol yang menjadi tempat untuk dua kampus besar, yaitu Universitas Trisakti dan Universitas Tarumanegara, CNN Indonesia menemukan data mengejutkan di mana jaringan Smartfren tampil begitu prima dibanding lokasi lain. Tetapi kami mencatat, Telkomsel sebagai yang paling konsisten memberi jaringan 4G LTE di kawasan Kampus A Universitas Trisakti. XL, menurut catatan kami, unggul saat diuji dalam kondisi diam, dan Indosat unggul ketika diuji secara bergerak. (Baca: 4G LTE XL, Telkomsel dan Smartfren Ngebut di Trisakti)

Performa Bolt di Universitas Trisakti tidak menunjukkan performa yang baik, bahkan kami gagal saat mengujinya dalam posisi bergerak menggunakan mobil mengelilingi Kampus A Universitas Trisakti.

Di lokasi terakhir, kami mengunjungi Monumen Nasional (Monas) dan Stasiun Gambir. Tiga operator seluler berlisensi GSM tak mau kalah menunjukkan performa jaringan di lokasi ini, mereka adalah Telkomsel, Indosat, dan XL. Sementara Bolt relatif loyo, dan kami lagi-lagi kesulitan untuk mendapatkan jaringan Bolt. (Baca: Bagaimana Kecepatan 4G LTE di Monas dan Sekitarnya?)

Itulah sejumlah data uji jaringan yang telah dilakukan CNN Indonesia. Silakan lihat hasil uji jaringan selengkapnya yang telah kami kemas dalam bentuk Infografis: Hasil Uji Jaringan 4G LTE di 5 Lokasi Penting Jakarta.

Perlu digarisbawahi bahwa kecepatan data 4G LTE tergantung pada banyak variabel, termasuk lokasi, waktu, sampai paket data yang Anda gunakan. Dan mungkin di masa depan, operator seluler akan melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk menambah kapasitas dan cakupan 4G LTE.

Jadi, jangan heran jika kecepatan akses dari lima operator seluler ini meningkat di masa depan. Atau, bisa juga malah menurun karena semakin banyak orang yang menggunakan 4G LTE.

(adt/eno)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
4G LTE, Siapa Tercepat di Jakarta?
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video