logo CNN Indonesia

BMW Siapkan Lima Model Terbaru di 2017 untuk Pasar Indonesia

, CNN Indonesia
BMW Siapkan Lima Model Terbaru di 2017 untuk Pasar Indonesia BMW optimis penjualan di 2017 bisa meningkat seiiring membaiknya perekonomian. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memasuki tahun 2017, BMW mempersiapkan lebih dari lima model terbaru yang akan diperkenalkan secara beruntun sepanjang 2017.

Head of Corporate Communications BMW Departement Jodie O'tania mengatakan produk terbaru tersebut nantinya tidak hanya berasal dari BMW, melainkan juga keluaran dari Mini.

"Saat ini yang bisa saya katakan ada lebih dari lima model terbaru yang akan dihadirkan oleh BMW. Termasuk di dalamnya Mini," kata Tania di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Selasa (10/1).


Meski demikian, Tania enggan memberikan informasi lebih mengenai kehadiran produk baru keluaran BMW secara detail. Pastinya, kendaraan terbaru akan diisi oleh sedan dan segmen lain di tahun ini.

"Sedan, dan untuk segmen lain yang bervariasi, kami belum bisa beritahukan," ujarnya.

Optimis di 2017

Jodie enggan menyebut angka pasti mengenai target penjualan BMW di tahun 2017. Tidak ada target pasti yang dikeluarkan oleh BMW di tahun ayam api ini terkecuali menjual kendaraan dalam jumlah besar.

"Selalu sebanyak-banyaknya, Kalau 2014 ke 2016 naik sekitar 5,7 persen. 2016 hasil belum keluar. Pokoknya 2017 target penjualan sebanyak-banyaknya," kata Jodie.

Ada beberapa tipe kendaraan yang menjadi andalan BMW di Indonesia. Seperti high and luxury sedan, BMW M dan BMW I. Namun kata dia, bisa dikatakan kategori high end luxury sedan menjadi yang utama untuk menggenjot penjualan, walaupun jumlah penjualan belum dominan.

"High and luxury sedan, kedua di BMW M, itu adalah salah satu sub-brand dari BMW, selain BMW I," ujarnya.

Kata dia, kategori tersebut, semisal dengan merk BMW 740 Li Executive sudah mulai menempati hati masyarakat. Hal tersebut berdasarkan prestasi pertumbuhan penjualan pada segmen tersebut.

"Itu BMW Seri 7, BMW 740 Li Executive yang CBU. Jadi kami memang sudah luncurkan sejak akhir tahun 2015. Kemudian jika dibandingkan 2015, kami mengalami kenaikan hampir empat kali lipat dari sebelumnya dari 740 Li. Itu dari volume, per unit," kata dia.

Tetapi tetap, menurut Jodie, pasar Indonesia untuk kelas premium produk BMW masih didominasi oleh BMW serie tiga dan dikuti oleh segmen Sport Utilty Vehicle (SUV). SUV BMW sendiri tersedia dalam beberapa varian, diantaranya X1, X3, X4, X5 dan X6.

"BMW Seri 3, baru diikuti SUV. Kami menyebutnya SUV itu mengalami kenaikan di atas 63 persen, dari 2015 ke 2016," ujarnya.

Jika melihat data yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), perioede Januari-November 2016, BMW dan Mini berhasil mencapai 2,225 unit penjualan. Walaupun jumlah tersebut masih lebih kecil 10,68 persen, ketimbang tahun 2015 di periode yang sama.

BMW Seri 3 dengan 320i mendominasi penjualan pada periode tersebut, yakni terjual sebanyak 658 unit belum ditambah dengan merk lain pada seri serupa. Untuk segmen SUV ditotal secara keseluruhan dari masing- masing merek, terjual 983 unit. Sedangkan, produk high end luxury sedan Seri 7, BMW 740 Li Executive sebanyak 58 unit. (pit)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video