logo CNN Indonesia

Sempat Gagal Orbit, Satelit Telkom-3 Baru Siap Luncur

, CNN Indonesia
Sempat Gagal Orbit, Satelit Telkom-3 Baru Siap Luncur
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan telekomunikasi pelat merah Telkom Indonesia bersiap luncurkan satelit Telkom-3S. Satelit ini akan menggantikan peran satelit Telkom-3 yang gagal mengorbit pada 2012 silam.

Teknologi satelit Telkom 3S akan dimanfaatkan untuk layanan siaran televisi berkualitas tinggi. Selain itu ia akan dipakai untuk meningkatkan kapasitas jaringan internet bagi pelanggan.

"Fungsinya sama dengan satelit yang lain, tapi kapasitasnya bertambah," ujar Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo di Stasiun Utama Pengendali Satelit Telkom, Bogor, Senin (30/1).

Untuk meluncurkan satelit ini, Telkom menggandeng perusahaan peluncur roket Arianespace. Arianespace ini merupakan pesaing National Aeronautics and Space Administration (NASA) dalam industri peluncuran satelit.

Secara fisik, Telkom 3S memiliki bobot 3,5 ton. Satelit ini dibikin bersama dengan Thales Alenia Space asal Prancis.  Thales adalah kontraktor baru yang menggarap satelit pesanan Telkom. Sebelumnya pada satelit Telkom 3 yang gagal mengorbit lima tahun silam, Telkom mempercayakan ISS Reshetnev dari Rusia.

Dari segi tekonologi yang diusung, Telkom 3S dilengkapi 24 C-band transponder, 8 external transponder, dan 10 Ku-band transponder. Secara prinsip ketiga transponder itu akan memperluas dan memperkuat jaringan Telkom dalam menjangkau daerah pelosok nusantara dan kawasan Asia Tenggara.

Satelit Telkom 3S akan mengorbit di lintasan 118° bujur timur. Telkom menargetkan satelit teranyar ini meluncur pada 15 Februari 2017 dari Guyana Prancis, sebagai lokasi peluncuran.

Sejauh ini Telkom punya dua satelit yang masih mengorbit di angkasa yaitu satelit Telkom 1 dan Telkom 2. Telkom juga menyewa satelit luar negeri untuk menambal kapasitas jaringan yang kurang. Dengan peluncuran satelit Telkom 3S, Asa berharap Telkom bisa lepas ketergantungan dari satelit asing.

Jika peluncuran satelit ini sukses, Telkom 3S akan menjadi satelit kesembilan dari Indonesia dan satelit ketiga dari Telkom.


0 Komentar
Terpopuler
CNN Video