logo CNN Indonesia

Satelit Telkom Berikutnya Bakal Gandeng SpaceX

, CNN Indonesia
Satelit Telkom Berikutnya Bakal Gandeng SpaceX
Jakarta, CNN Indonesia -- Belum jua satelit Telkom-3S mengorbit ke angkasa di bulan depan, Telkom Indonesia ternyata sudah menatap peluncuran satelit berikutnya pada 2018. Tak tanggung, Telkom menggandeng SpaceX untuk menggarap satelit berikutnya.

Telkom berencana satelit Telkom 4 sudah siap meluncur di tahun depan. SpaceX dipilih karena dianggap sudah mumpuni dalam merancang roket peluncur yang bakal membawa satelit mereka.

SpaceX yang didirikan oleh Elon Musk relatif muda di industri peluncur satelit ketimbang Arianespace yang bekerja sama dengan Telkom di peluncuran Telkom 3S mendatang.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengaku Telkom tak memusingkan insiden roket milik SpaceX yang meledak beberapa waktu lalu. Pasalnya dalam uji coba berikutnya, SpaceX menunjukkan tingkat kesuksesan terbang yang meyakinkan.

"Kami beberapa kali sudah menantang SpaceX agar kegagalan dengan Facebook tak terulang," kata Arief di Stasiun Utama Pengendali Stasiun Telkom di Bogor, Senin (30/1).

Dari pernyataannya, Arif mengaku kerja sama dengan SpaceX sudah tertuang dalam bentuk kontrak. Dalam kontrak itu Telkom melarang satelit miliknya disertakan saat uji terbang roket. Hal itu untuk menghindari insiden yang menimpa satelit Facebook saat roket SpaceX meledak.

Kepala Proyek Peluncuran Satelit Telkom Tonda Priyanto mengaku komunikasi dengan SpaceX telah dijalin sejak 2010 silam. Ia juga menyebut pemilihan SpaceX tak lepas dari aspek bisnis dan kualitas yang baik.

Namun Tonda menolak keuntungan secara detail dengan memilih SpaceX sebagai penerbang satelit Telkom 4 nantinya.

SpaceX adalah perusahaan teknologi antariksa komerisal asal California, Amerika Serikat, yang dipimpin oleh Elon Musk. Perusahaan ini mencuri perhatian di bawah Musk berkat pencapaian mereka yang cukup cepat meski baru berusia 15 tahun.

Contohnya adalah keberhasilan SpaceX sebagai perusahaan swasta yang menerbangkan wahananya ke orbit rendah Bumi dan kembali dengan selamat pada 2010. Mereka juga berhasil menerbangkan wahana Dragon ke stasiun antariksa (ISS) dan melakukan bongkar muat yang pertama pada 2012. Namun yang paling menggemparkan adalah misi SpaceX yang bertekad mendaratkan manusia di planet Mars untuk pertama kalinya pada 2022.


0 Komentar
Terpopuler
CNN Video