logo CNN Indonesia

Orang Terkaya Sejagat Bukan Milik Bill Gates Lagi

, CNN Indonesia
Orang Terkaya Sejagat Bukan Milik Bill Gates Lagi
Jakarta, CNN Indonesia -- Posisi orang terkaya di kolong jagat yang selalu menjadi langganan Bill Gates tampaknya harus segera diserahkan ke CEO Amazon Jeff Bezos.

Kepastian ini tak terlepas setelah saham Amazon melesat yang membuat kekayaan pria plontos itu bertambah hingga US$ 1,8 miliar.

Menurut Bloomberg, Bezos kini memiliki kekayaan sekitar US$84,6 miliar atau setara Rp1,124 triliun. Jarak kekayaannya hanya US$5 miliar dengan Bill Gates yang saat ini masih menjadi orang terkaya di dunia. Baru berusia 53 tahun, Bezos secara agresif memperluas bisnis Amazon.
 
Sementara itu, Gates justru asyik mendonasikan uangnya. Pria 61 tahun tersebut adalah salah satu bilioner yang berjanji untuk memberikan separuh kekayaan mereka selama masa hidupnya. Lebih dari 150 orang bilioner berkomitmen pada janji itu, namun Bezos masih belum menjadi salah satunya.
 
Gates mengundurkan diri sebagai CEO Microsoft pada 2000 untuk selanjutnya menjauhkan diri dari operasi sehari-hari perusahaan. Dia berkonsentrasi dalam yayasan filantropi selama beberapa tahun terakhir dengan istrinya, Melinda.
 
Meski hanya memiliki lebih dari 2 persen saham Microsoft, namun kekayaan bersih Gates terus meningkat. Sebagian orang percaya hal itu karena kesenangan berbagi Gates.
 
Di sisi lain, Bezos baru-baru ini Bezos sudah mengisyaratkan minatnya untuk beramal. Dia telah meminta ide untuk sebuah "strategi filantropis" pekan lalu melalui Twitter-nya.
 
Namun berbeda dari yayasan filantropi biasa, Bezos ingin dampak kegiatan tersebut dapat dilihat secara instan. Sebelumnya, Bezos pernah mendukung yayasan pendidikan yang dibangun orang tuanya.
 
Keluarga Bezos pernah menyumbangkan US$40 juta ke Fred Huthinson Cancer Research Center, yang lokasinya tak jauh dari kantor pusat Amazon di Seattle.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video