Menghidupkan Kuliner Bali Hingga Ke Dapur Internasional

Cnn Student | CNN Indonesia
Minggu, 06 Des 2015 23:31 WIB
Indonesia terkenal kaya akan cita rasa kuliner nusantara, berbagai daerah di Indonesia memiliki kekhasan dan keunikan cita rasa tersendiri. Ilustrasi kuliner Bali. (CNNIndonesia/Getty Images)
Gianyar, CNN Indonesia -- Indonesia terkenal kaya akan cita rasa kuliner nusantara, berbagai daerah di Indonesia memiliki kekhasan dan keunikan cita rasa tersendiri. Bali turut menjadi salah satu daerah yang memiliki cita rasa khas yang unik, dan Bali menjadi bagian dan memiliki kekhasan yang berbeda dengan masakan lain di nusantara.

Saat ditemui di Ubud, Gianyar Bali salah satu masterclass untuk kuliner nusantara, Chef Bara Pattiradjawane mengaku cinta akan masakan Bali. Bara berharap kuliner Bali dapat bertahan dan terus dilestarikan.

“Kuliner Bali sama seperti kuliner lainnya juga itu harus dipertahankan, harus dinaikan juga. Naikin dalam arti bukan berarti naikin derajat. Untuk saya, asalkan jangan sampai mati, karena pastinya di Bali ini sudah banyak kuliner yang sudah mulai langka, langka dan pelan pelan udah mulai hilang,” kata Bara beberapa waktu lalu.

Ia bahkan tak lupa untuk memasak sambal matah, jika ia kangen dengan kuliner khas Pulau Dewata, “Kalau sambal matah sih saya bikin, hampir 4 bulan sekali saya bikin sambal matah untuk makan di rumah”, ungkapnya dengan bangga.

Mengapresiasi kuliner lokal dengan memasak di dapur kita sendiri, menjadi langkah paling nyata. Dengan apresiasi yang berbasis dari rumah, dari dapur kita sendiri, masakan lokal akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Untuk itu agar kuliner nusantara tidak punah, memang harus ada standarisasi proses pengolahan dalam bentuk resep.

“Saya selalu katakan ya, bahwa standarisasi resep itu penting. Dan kalau kita sudah mulai kehilangan standarnya, ya lama lama kita akan kehilangan rasa yang unggul. Misalnya Soto, kayaknya gampang tapi kalau kita enggak belajar bener, enggak distandarkan resepnya lama lama jadi sop," kata Bondan Winarno yang juga turut hadir menjadi pembicara dalam forum diskusi dan workshop di Ubud Food Festival.

Saat ini salah satu event yang bertujuan untuk mengeksplorasi kekuatan kuliner nusantara sudah banyak di gelar, salah satunya di Bali untuk pertama kalinya digelar Ubud Food Festival. Hal ini terlihat baik dan menjadi event pertama yang menghadirkan chef juru masak ternama nusantara, dan juga tokoh-tokoh berpengaruh di dunia kuliner indonesia untuk bertatap langsung dengan pemerhati kuliner dari mancanegara. Tujuannya adalah mengangkat potensi kuliner Nusantara khususnya masakan Bali, untuk menjadi daya tarik wisata.
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER