Racun 2 Hewan Ini Jadi Cairan Termahal di Dunia

Fitri Chaeroni, CNN Indonesia | Selasa, 07/02/2017 07:47 WIB
Pernahkah kamu bertanya-tanya, apakah kira-kira cairan termahal yang ada di dunia? Apakah parfum dari merk terkenal? Bukan! Bisa kalajengking adalah cairan termahal di dunia. (Foto: Foto-Rabe/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernahkah kamu bertanya-tanya, apakah kira-kira cairan termahal yang ada di dunia? Apakah parfum dari merk terkenal?

Ternyata bukan lho. Cairan termahal di dunia adalah bisa kalajengking dan ular kobra.

Bisa ular kobra menjadi cairan termahal kedua di dunia dengan harga sekitar US$40.400 per liternya. Racun ini adalah salah satu yang paling mematikan di dunia, racun ini bisa membunuh seekor gajah dewasa.


Meski begitu, orang mengambil risiko dan memanen bisa ini karena mengandung protein yang sangat unik, namanya Ohanin. Ohanin paling baik digunakan sebagai bahan baku untuk memproduksi obat penghilang rasa sakit yang 20 kali lebih kuat daripada morfin, dan tidak memiliki efek samping.

Nah yang ada di tempat pertama adalah bisa kalajengking dengan harga US$10.302.700 per liternya. Hampir setiap spesies kalajengking memiliki racun, itu mereka gunakan untuk membunuh atau melumpuhkan mangsa mereka.

Mereka bisa membunuh mangsanya dengan kekerasan daripada menggunakan racun mereka, jika mereka ingin. Tapi racunnya terbukti menjadi sangat handal dan ternyata berguna juga bagi manusia.

Bagi manusia, protein yang ditemukan dalam racun kalajengking bisa digunakan untuk pengobatan gangguan autoimun, seperti penyakit radang usus, rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis. (ded/ded)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK