Infrastruktur Tol

Jokowi Janji Cikampek-Palimanan Beres 2015

Resty Armenia, CNN Indonesia | Jumat, 26/12/2014 19:42 WIB
Jokowi Janji Cikampek-Palimanan Beres 2015 Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengarkan paparan dari pihak kontraktor tentang perkembangan pembangunan proyek jalan Tol Cikampek-Palimanan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (26/12). (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjanjikan ruas tol Cikampek-Palimanan (Cipali) di Kabupaten Subang, Jawa Barat bisa rampung sebelum hari raya Idul Fitri di Juli 2015. Ini diungkapkan setelah Jokowi meninjau langsung lokasi pembangunan pada Jumat petang (26/12).

"Yang jelas sudah ada kesanggupan kalau sebelum Lebaran bisa rampung dan April sudah bisa uji coba. Nanti tanyakan langsung ke kontraktor saja. Janjinya Lebaran sudah bisa kita pakai," ujar Jokowi di lokasi.

Keyakinan ini, Jokowi bilang, didasarkan pada keterangan pengembang proyek yang mengatakan pembangunan tol Cikampek-Palimanan sudah hampir selesai. 
Puas mendengar paparan kontraktor, Jokowi pun optimistis pembangunan tol akan mengurai kemacetan yang biasa terjadi di sepanjang jalur pantura selama arus mudik.


"Bisa 100 persen dong karena Cikampek dipecah ke sana dan ke sini," katanya.

Berdasarkan catatan, pembangunan tol Cikampek-Palimanan telah dimulai sejak pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono di medio 2011. Dari yang direncanakan, tol ini dibangun dengan total panjang 116,75 kilometer. Adapun total investasi yang dikeluarkan untuk proyek ini berkisar Rp 12 triliun.

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimoeljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Yang menarik, disela kunjungannya itu Jokowi menyempatkan diri bersalaman dengan beberapa warga yang berada di barisan depan.  Tak hanya itu, dua mobil bak terbuka terlihat membagikan sejumlah karung beras kepada warga.

"Janjinya kontraktor, Lebaran sudah bisa kita pakai. Catat itu ya," pungkas Jokowi sambil meninggalkan lokasi.