KEBIJAKAN MENTERI

Menteri Susi Jamin Negara Lain Tak Protes Penenggelaman Kapal

Galih Gumelar, CNN Indonesia | Rabu, 21/01/2015 20:43 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku telah melakukan sosialisasi rencana kebijakan tersebut, di awal-awal dia menjabat sebagai menteri. (ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memastikan kebijakan penenggalaman yang dilakukannya terhadap kapal berbendera asing yang menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia tidak pernah di protes oleh pemerintah negara tetangga. Susi mengaku telah melakukan sosialisasi rencana kebijakan tersebut, di awal-awal dia menjabat sebagai menteri.

"Saya katakan bahwa setelah sebelas kapal saya tenggelamkan, selama ini tidak ada komplain dari negara-negara tetangga. Saya yakinkan bahwa kebijakan ini tidak mengganggu hubungan internasional Indonesia dengan negara lain,” ujar Susi Ruang Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu (21/1).

Susi menjelaskan sosialisasi kebijakan sudah dilakukannya dengan mengundang duta besar asal Malaysia, Thailand, Tiongkok, Filipina, dan negara-negara lain yang memiliki batas laut dengan Indonesia.


"Saya sudah katakan ke mereka kalau saya tak mengizinkan kapal asing masuk ke wilayah Indonesia. Mereka juga sudah announce ke pelaku usahanya, namun kenyataannya masih ada saja kapal asing dari negara-negara tersebut yang masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Dia berharap bahwa dengan dilakukannya kebijakan penenggelaman kapal ini akan membuat efek jera bagi kapal-kapal asing yang masuk secara ilegal ke Indonesia. Dengan adanya hal ini dia juga berharap penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari perikanan bisa meningkat setiap tahunnya dan mencapai lima kali lipat di 2019.

"Ketika saya menjadi menteri saya kaget PNBP kita dari hasil perikanan hanya sebesar Rp 200 miliar sampai Rp 300 miliar padahal potensi kita besar. Semoga ini bisa meningkat setelahnya,” tambahnya. (gen)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK