Aturan Baru Menteri Susi: Jangan Tangkap Ikan di Laut Banda!

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Kamis, 22/01/2015 15:57 WIB
Susi Pudjiastuti melarang keras dilakukannya penangkapan ikan di perairan Laut Banda, Kepulauan Maluku yang terhubung dengan Teluk Tolo di Sulawesi Tengah. (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti melarang keras dilakukannya penangkapan ikan di perairan Laut Banda, Kepulauan Maluku yang terhubung dengan Teluk Tolo di Sulawesi Tengah. Aturan ini tidak hanya berlaku untuk kapal ikan berbendera asing atau kapal penangkap ikan dengan kapasitas di atas 30 gross ton (GT), tetapi berlaku juga untuk nelayan Indonesia tanpa kecuali.

Larangan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri KKP Nomor 4/Permen-KP/2015 tentang Larangan Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) Negara Republik Indonesia 714 yang diteken Susi pada 15 Januari 2015 lalu.

Melalui aturan tersebut, Susi menjelaskan WPP 714 yang meliputi Laut Banda dan Teluk Tolo merupakan daerah pemijahan (breeding ground) dan daerah bertelur (spawning ground) sehingga perlu dilakukan larangan penangkapan ikan.


“Setiap orang baik perorangan atau korporasi dilarang menangkap ikan di WPP 714. Namun bagi yang sudah memiliki Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) sebelum peraturan ini terbit, masih tetap berlaku sampai habis masa berlakunya,” bunyi pasal 3 peraturan tersebut, dikutip Kamis (22/1).

Lampiran peraturan menteri tersebut mengungkapkan, WPP 714 merupakan lokasi ikan thunnus albacares atau ikan tuna sirip kuning melakukan pemijahan dan bertelur secara alami setiap Oktober sampai Desember setiap tahun. WP 714 sendiri terletak di titik koordinat: 126–132 derajat bujur Timur; 4–6 derajat lintang Selatan. (gen)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK