Bank Dunia Apresiasi Kebijakan Berani Menteri Susi

Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Kamis, 12/02/2015 09:24 WIB
Bank Dunia Apresiasi Kebijakan Berani Menteri Susi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti pada Forum CNN di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Selasa, 27 Januari 2015. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Dunia mengapresiasi langkah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang dinilai selalu mengutamakan kelestarian lingkungan dalam setiap kebijakannya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves.

Menurut Chaves, langkah yang diambil oleh mantan Bos Susi Air tersebut tergolong berani meski mendapatkan tentangan dari berbagai pihak.

"Langkah melarang transhipment, moratorium kapal besar, itu sangat bagus. Mungkin orang-orang akan menghakimi dia, tapi kebijakan tersebut dibuat atas dasar cinta lingkungan, kapan lagi ada kebijakan yang peduli lingkungan," ujar Chaves dalam sebuah seminar di Jakarta, Rabu (11/2).


Selama ini, menurut Chaves, mayoritas negara yang terlalu fokus mengejar pertumbuhan ekonomi tidak begitu memperhatikan kondisi lingkungan. Eksploitasi lahan dan hasil bumi yang berlebihan mengakibatkan adanya degradasi lingkungan yang kerugiannya ditaksir mencapai miliaran dollar.

Oleh sebab itu, menurut Chaves, harus ada upaya dari pemerintah setempat untuk menerapkan kebijakan yang berkesinambungan agar hasil bumi juga bisa dirasakan oleh generasi mendatang.

"Saya yakin jika pemerintah Indonesia bisa mengelola laut dan perikanan dengan baik, dalam lima tahun ke depan rugi miliaran dollar itu akan kembali," kata Chaves. (ags/ags)