GM, Produsen Otomotif AS Tutup Pabrik di Bekasi

Agust Supriadi, CNN Indonesia | Kamis, 26/02/2015 18:33 WIB
GM, Produsen Otomotif AS Tutup Pabrik di Bekasi Prinsipal otomotif Amerika Serikat, General Motors (GM), akan menutup pabriknya di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat pada akhir Juni 2015.( Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Prinsipal otomotif Amerika Serikat, General Motors (GM), akan menutup pabriknya di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat pada akhir Juni 2015. Produsen mobil Chevrolet ini memutuskan untuk menghentikan kegiatan produksi dan memilih menjadi distributor atau importir kendaraan jadi.

"Transformasi ini lebih kepada hal finansial bukan menyangkut masalah kualitas produk yang sudah ada," jelas Tim Zimmerman, Presiden GM untuk wilayah Asia Tenggara dalam keterangan resminya di Beijing, China, Kamis (26/2).

Stefan Jacoby, Wakil Presiden Eksekutif GM dan Presiden GM International menjelaskan beberapa faktor yang melatarbelakangi penutupan pabrik Chevrolet antara lain biaya bahan bku yang semakin tinggi. Selain itu, potensi pemanfaatan komponen dalam negeri semakin kecil menyusul skala produksi Spin yang semakin terbatas.


"GM Indonesia sedang mengalami transformasi yang lebih berorientasi pada pasar," ujar Jacoby.

Jacoby berharap transformasi ini akan semakin memperkuat struktur bisnis dan jaringan pemasaran GM dengan fokus pada pengembangan merek Chevrolet, seperti Orlando, Captiva, dan Traiblazer.

Pabrik GM pertama kali beroperasi pada 1995 kemudian sempat mati suri di 2005. Pabrik kembali beroperasi lagi mulai Mei 2013 dan hanya bertahan sampai Juni 2015. (ags/gen)