Pemasok Sayangkan Penutupan Pabrik Chevrolet

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Jumat, 27/02/2015 10:44 WIB
Pemasok Sayangkan Penutupan Pabrik Chevrolet Pabrik General Motors di Bekasi, Jawa Barat. (CNN Indonesia/Gentur Putro Jati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penghentian produksi Chevrolet Spin di pabrik Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat milik General Motors Indonesia disayangkan oleh para pekerja perusahaan yang menjadi pemasok onderdil bagi perusahaan tersebut.

Ditemui di warung kopi dekat pintu masuk pabrik Chevrolet, Fajrul (29) salah seorang spekerja perusahaan vendor yang memasok bemper untuk pabrik tersebut mengaku mulai hari ini sudah tidak banyak pekerjaan yang dilakukannya.

"Perusahaan saya di Cikarang jadi vendor untuk bemper Chevrolet Spin. Tapi setelah kemarin diumumkan ke karyawan kalau pabrik mau berhenti produksi, sudah tidak ada lagi order yang bisa saya kerjakan," katanya, Jumat (27/2).


Fajrul enggan menyebutkan nama perusahaan tempatnya bekerja. Namun dia mengaku bersama empat orang rekannya ditempatkan oleh perusahaannya untuk bertugas di dalam pabrik untuk menindaklanjuti pesanan yang masuk.

"Sama seperti karyawan pabrik Chevrolet ini, sekarang ya saya datang hanya untuk absen saja. Sambil standby kalau ada pesanan lagi," ujarnya.

Menurut Fajrul, perusahaannya sudah punya kontrak untuk menyediakan bemper Chevrolet Spin sampai September 2015.

"Tapi karena pengumumannya pabrik sudah tidak produksi mulai 30 Juni 2015, saya tidak tahu deh bagaimana kelanjutannya. Itu urusan bos di kantor saya," katanya.

Usai manajemen General Motors Indonesia mengumumkan rencana penghentian produksi Chevrolet Spin di pabrik Pondok Ungu, Bekasi, Fajrul mengaku para pekerja pabrik yang setiap hari berinteraksi dengannya banyak yang gelisah.

"Mereka tidak tahu bagaimana kelanjutan nasibnya. Setahu saya di sini juga tidak ada Serikat Pekerjanya," kata Fajrul. (ded/ded)