Supaya Pertumbuhan Ekonomi Tercapai, Jusuf Kalla Punya Ide

Noor Aspasia Hasibuan, CNN Indonesia | Jumat, 27/02/2015 11:38 WIB
Supaya Pertumbuhan Ekonomi Tercapai, Jusuf Kalla Punya Ide Jusuf Kalla dan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan. (Setpres/Edi)
Ambon, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan ada empat sektor dalam ekonomi yang bisa digenjot supaya target pertumbuhan ekonomi 7 persen dalam lima tahun ke depan bisa tercapai.

Keempat sektor itu adalah industri, infrastruktur, pertanian, dan pariwisata. Nomor satu, kata dia, adalah pertanian.

Kalla mengatakan pertanian mampu memberikan tambahan lapangan pekerjaan. Dalam hitung-hitungannya, untuk Pulau Jawa, keluarga dengan rata-rata kepemilikan lahan sepertiga hektare bisa mempekerjakan dua orang dengan total penghasilan Rp 12 juta per tahun.


"Jadi bisa mendapatkan Rp 500 ribu per bulan, kalau dua kali panen hanya Rp 1 juta. Namun angka ini jauh dari makmur," kata Kalla di Ambon, Kamis (26/2) malam.

Jadi, kata Kalla, diperlukan dukungan dan sinergi dari industri dan infrastruktur. Untuk itu, realisasi program listrik 35 ribu megawatt sangat penting diprioritaskan. Supaya program ini terwujud, Kalla berjanji konsisten dalam menyederhanakan perizinan yang selama ini makan waktu berbulan-bulan.
 
"Oleh karena itu, pertanian, infrastruktur dan industri saya sebut sebagai segitiga kunci ekonomi kita," ujarnya.

Lalu, sektor pariwisata harus digenjot dengan memanfaatkan kekayaan alam Indonesia untuk mendapatkan perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. "Kita menjual alam, ini memang sudah negara kita punya, kita jual yang gratis. Indonesia tidak melakukan apa-apa untuk dapat pantai Indah di Lombok, Bali," katanya.
 
Pemerintah telah menargetkan kedatangan wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta selama lima tahun ke depan. (ded/ded)