Pabrik Ketiga Jalan, Suzuki Targetkan Produksi 250 Ribu Mobil

Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Jumat, 27/02/2015 15:56 WIB
Pabrik Ketiga Jalan, Suzuki Targetkan Produksi 250 Ribu Mobil Kiri-kanan: Komisaris PT Suzuki Indomobil Soebronto Laras, President Direktur PT Suzuki Indomobil Shuji Oishi, Managing Officer Suzuki Motor Corporation Motoo Murakami, dan Senior Director 2W PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho. (CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari)
Karawang, CNN Indonesia -- PT Suzuki Indomobil International menargetkan produksi 250 ribu unit mobil pada tahun ini menyusul mulai beroperasinya pabrik baru di kawasan Delta Mas, Karawang, Jawa Barat. Pabrik senilai US$ 1 miliar atau Rp 1,3 triliun itu direncanakan menghasilkan 100 ribu unit mobil per tahun, menggenapi kinerja dua pabrik Suzuki lainnya.  

"Saat ini, pembangunan pabrik di Delta Mas, Karawang telah selesai dan tinggal menunggu peresmian malah sudah mulai beroperasi merakit komponen," kata Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil International, Subronto Laras di Bekasi, Jumat (27/2).

Subronto mengatakan nilai US$ 1 miliar tersebut merupakan investasi yang dihabiskan Suzuki untuk membangun pabrik berkapasitas 120 hektar itu. Sebelumnya, prinsipal otomotif asal Jepang itu telah memiliki pabrik di Cakung dan Tambun, Bekasi. Pabrik Suzuki di Cakung lebih memfokuskan produksi suku cadang, transmisi, dan mesin. Sementara untuk pabrik di Tambun, diprioritaskan untuk menghasilkan mobil dan motor.


"Kalau di Delta Mas akan digabung produksi motor mobil. Kemungkinan akan diefisienkan di sana," kata Subronto.

Dengan tambahan pabrik tersebut, Suzuki menargetkan 250 ribu unit mobil bisa diproduksi dalam satu tahun. Produksi tersebut dibagi untuk pabrik di Tambun sebanyak 150 ribu unit, sedangkan pabrik di Karawang direncanakan 100 ribu unit mobil.

Pada perdagangan tahun lalu, total mobil Suzuki yang terjual sebanyak 154.923 unit. Penjualan Suzuki turun sebanyak 9.081 unit atau 5,5 persen dibandingkan dengan pencapaian 2013 yang mencapai 164.004 unit.  Pangsa pasar Suzuki turun dari 13,3 persen pada 2013 menjadi 12,8 persen pada 2014.

(ags/ags)