JK: Orang Indonesia Lebih Suka Toyota, Honda, Daihatsu

Noor Aspasia Hasibuan, CNN Indonesia | Jumat, 27/02/2015 19:25 WIB
JK: Orang Indonesia Lebih Suka Toyota, Honda, Daihatsu Pabrik Chevrolet Spin di daerah Pondok Ungu, Bekasi tampak sepi menyusul rencana General Motors menghentikan produksi sampai akhir Juni 2015. (CNN Indonesia/Gentur Putro Jati)
Makassar, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yakin keputusan perusahaan otomotif asal Amerika Serikat General Motors (GM) untuk menghentikan produksinya di Indonesia tidak akan mempengaruhi pasar otomotif Indonesia. Menurut JK, secara bisnis keputusan manajemen GM Indonesia merupakan hal yang rasional ketika tidak bisa memenangkan persaingan.

“Masyarakat lebih suka Toyota, Honda, Daihatsu. Mereka kalah saing, dan memang saat ini susah menyaingi mobil Jepang atau Korea Selatan,” ujar JK di rumahnya di Makassar, Jumat (27/2).

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini menilai, GM Indonesia tidak bisa memenuhi target penjualan Chevrolet Spin yang dibuat oleh kantor pusatnya di Amerika Serikat. Padahal seperti diketahui, pabrik di daerah Pondok Ungu, Bekasi tersebut selama dua tahun terakhir menjadi pusat produksi mobil tipe tersebut di Indonesia.


“Apalagi daya beli masyarakat untuk mobil Chevrolet bisa dibilang kurang, jadi mereka putuskan ditutup produksinya,” katanya.

Rencana penutupan pabrik GM di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat pada akhir Juni 2015 disampaikan oleh Stefan Jacoby, Wakil Presiden Eksekutif GM dan Presiden GM International kemarin. Menurutnya, keputusan untuk menghentikan produksi dan memilih menjadi distributor atau importir kendaraan jadi disebabkan karena biaya produksi yang tinggi.

Selain itu, potensi pemanfaatan komponen dalam negeri semakin kecil menyusul skala produksi Spin yang semakin terbatas.

"GM Indonesia sedang mengalami transformasi yang lebih berorientasi pada pasar," ujar Jacoby.

Jacoby berharap transformasi ini akan semakin memperkuat struktur bisnis dan jaringan pemasaran GM dengan fokus pada pengembangan merek Chevrolet, seperti Orlando, Captiva, dan Traiblazer.

Pabrik GM pertama kali beroperasi pada 1995 kemudian sempat mati suri di 2005. Pabrik kembali beroperasi lagi mulai Mei 2013 dan hanya akan bertahan sampai Juni 2015. (gen)