Kisah Perempuan Terkaya: Muda, Cantik, dan Usaha Sendiri

Deddy S, CNN Indonesia | Selasa, 03/03/2015 12:09 WIB
Ada 197 nama miliuner perempuan dalam daftar Forbes. Tapi hanya sedikit yang kaya karena usaha sendiri, dan dari sedikit itu hanya satu yang masih muda. Elizabeth Holmes (Steve Jennings/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dari tahun ke tahun makin banyak saja kaum perempuan yang termasuk ke dalam daftar orang terkaya sejagad versi Majalah Forbes. Kalau tahun 2014 ada 172 orang, tahun ini angkanya naik menjadi 197 orang.

Tapi hanya sedikit perempuan itu yang benar-benar kaya karena usaha sendiri. Begitu juga yang usianya masih muda, atau termasuk ke dalam daftar orang kaya di bawah usia 40 tahun.

Salah satu yang termasuk kategori perempuan kaya karena usaha sendiri dan masih muda adalah Elizabeth Holmes, 31 tahun. Meski hanya drop-out dari Stanford, idenya mendirikan perusahaan pengujian darah di Palo Alto, California, ternyata berbuah sukses.


Idenya adalah pengujian darah cukup dengan beberapa tetes darah saja. Perusahaannya, Theranos, kini bernilai US$ 9 miliar di mata para investor. Dan setengah saham perusahaan adalah milik Holmes, sehingga kekayaannya kini mencapai US$ 4,5 miliar atau setara sekitar Rp 54 triliun.

Selain Holmes, perempuan-perempuan muda dalam daftar orang terkaya sedunia biasanya meraih kekayaannya karena warisan suami atau ayah atau keluarga besarnya.

Di antaranya adalah Huiyan Yang, 31 tahun, yang memiliki kekayaan US$ 5,7 miliar. Perempuan ini adalah putri dari pendiri perusahaan pengembang real estate Country Garden Holdings. Sang ayah mentransfer sahamnya kepada lulusan Ohio State University itu sebelum penawasan saham perdana (IPO) perusahaan itu pada 2007.

Berikutnya ada Marie Bernier Beauvalot, 32 tahun, yang mewarisi kekayaan sang ayah yang merupakan pendiri perusahaan keju dan susu yang terkenal di Prancis, Lactalis. Kekayaan senilai US$ 1,5 miliar.

Lalu nama Yvonne Bauer, 35 tahun, juga masuk dalam daftar orang terkaya itu dengan kekayaan mencapai US$ 2,4 miliar. Bauer mewarisi 85 persen saham perusahaan media Bauer Media Group, yang menerbitkan 570 majalah di 16 negara sejak 1875. Bauer adalah generasi kelima dalam keluarga pewaris media itu.

Di usia mendekati 40 tahun ada Ana Luia de Mattos Barretto Villela, 39 tahun, yang kaya karena bisnis bank keluarganya dan kini memiliki kekayaan senilai US$ 1,15 miliar.

Ada pula putri bungsu Lee Kun-Hee, sang pendiri Samsung, yaitu Lee Seo-Hyun, 39 tahun, yang mewarisi kekayaan senilai US$ 1 miliar. Dia kini duduk sebagai Wakil Presiden di Cheil Industries, yang masih termasuk grup Samsung. (ded/ded)