Pemerintah Jepang Tagih Fasilitas Bebas Visa Indonesia

Noor Aspasia Hasibuan, CNN Indonesia | Senin, 04/05/2015 16:35 WIB
Pemerintah Jepang Tagih Fasilitas Bebas Visa Indonesia Wapres Jusuf Kalla (tengah). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan Jepang meminta fasilitas bebas visa diberikan sesegera mungkin oleh pemerintah untuk wisatawan Jepang yang masuk ke Indonesia.

"Mereka minta kita segera memberlakukan bebas visa, karena orang Indonesia ke Jepang juga sudah bebas visa," kata JK setelah menerima kedatangan Parlemen Jepang di kantornya, Jakarta, Senin (4/5).

Pada pertemuan yang sama JK juga mengatakan, Jepang hendak memperkuat hubungan kerjasama di sektor pertanian dan perindustrian. Usai bertemu JK, anggota parlemen Jepang dari Badan Anggaran ini juga diagendakan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai informasi fasilitas bebas visa saat ini hanya berlaku bagi 15 negara yaitu Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Hong Kong Special Administration Region (Hong Kong SAR), Makau Special Administration Region (Makau SAR), Cile, Maroko, Peru, Vietnam, Ekuador, Kamboja, Laos, dan Myanmar.


Saat ini, pemerintah tengah mengkaji untuk menambah daftar tersebut menjadi 45 negara. Dalam waktu dekat 4 negara sudah dipastikan menerima fasilitas bebas visa yaitu Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, dan Rusia. (gen)