Deputi SKK Migas dan Eselon I ESDM Dilantik Bersamaan

Diemas Kresna Duta, CNN Indonesia | Rabu, 06/05/2015 08:57 WIB
Deputi SKK Migas dan Eselon I ESDM Dilantik Bersamaan Menteri ESDM Sudirman Said (kiri) didampingi Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi (kanan) memberikan pengarahan usai serah terima jabatan Kepala SKK Migas di Jakarta, Jumat 21 November 2014. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memastikan prosesi pengesahan struktur baru di tubuh regulator hulu migas tersebut akan dilaksanakan pada Kamis (7/5). Itu artinya, pelantikan struktur baru SKK Migas akan dilakukan bersamaan dengan pengesahan eselon I dan II Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Rencananya dilantik bersama,” ujar Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi seusai acara bertajuk Tatap Muka Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral bersama Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) di Jakarta, Selasa malam (5/5).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu mantan Wakil Kepala Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2003-2007 ini mengisyaratkan akan terjadi perombakan jajaran dan struktur di tubuh SKK Migas. Semalam, dihadapan sejumlah pelaku industri di sektor hulu migas Indonesia, Amien mengumumkan nama-nama yang dipilih dan masuk ke dalam struktur baru SKK Migas.


Jika dicermati, terdapat tiga nama baru yang akan mengampu posisi deputi SKK Migas. Tiga orang tadi meliputi: Gunawan yang ditunjuk sebagai Deputi Pengendalian Perencanaan menggantikan Aussie Gautama; Parulian Sihotang yang nantinya mengampu Deputi Pengendalian Keuangan menggantikan Budi Agustyono; serta Rudianto Rimbono yang dipilih menjadi Deputi Pengendalian Dukungan Bisnis menggeser Zikrullah.

Sementara tiga nama deputi lama dan hanya mengalami pergeseran posisi mencakup: Budi Agus Setiono yang menggeser Gde Pradnyana dari posisi Sekretaris, Zikrullah yang kini menduduki jabatan Wakil Kepala SKK Migas yang kosong di masa transisi Johonnes Widjanarko dengan Amien; Serta Muliawan yang tetap dipercaya menjadi Deputi Pengendalian Operasi.

“Saya berterima kasih atas kontribusi pak Aussie dan Pak Gde selama ini untuk SKK Migas. Ke depan keduanya akan tetap berada dekat dengan kami karena Pak Aussie dipercaya Dirut Pertamina untuk membantunya di sektor hulu, sedangkan Pak Gde saya minta terus mendukung SKK Migas di sektor konstruksi (migas) karena beliau memang punya pengalaman lama disana,” ujar Amien.

Di kesempatan yang sama, Menteri ESDM Sudirman Said pun memastikan pelantikan jajaran eselon I dan II Kementerian akan dilakukan esok. Namun dari 5 nama eselon I yang telah disahkan Presiden pada Selasa sore, mantan pimpinan divisi pengadaan minyak Pertamina itu hanya mau menyebutkan nama IGN Wiratmaja yang dipastikan menjabat Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (migas).

"Yang lain Kamis besok," tuturnya. (gir)