Urus Pernikahan Anak, Jokowi Batal Resmikan Kawasan Wisata

Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Sabtu, 16/05/2015 09:13 WIB
Urus Pernikahan Anak, Jokowi Batal Resmikan Kawasan Wisata Presiden Joko Widodo saat pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kantor Pos Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta. Rabu, 13 Mei 2015. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Padang, CNN Indonesia -- Rencana Presiden Joko Widodo untuk meresmikan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Pesisir Selatan, Padang Sumatera Barat batal. Jokowi digantikan tiga orang menterinya, yaitu Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Presiden Jokowi dipastikan tidak akan datang ke Sumbar untuk meresmikan KMBT, karena bertepatan dengan rangkaian acara pernikahan putranya, Gibran Rakabuming Raka.

“Beliau batal karena mau menikahkan putranya," ujar Arief kala berbincang dengan CNN Indonesia, di Hotel Mercure, Padang, Jumat (15/5) malam.


Sementara itu, kota Padang sendiri telah berbenah menanti kehadiran orang nomor satu di Indonesia tersebut. Pemkab Pesisir Selatan juga sudah mempersiapkan setidaknya lima puluh kapal penumpang berbagai jenis dan ukuran saat menyambut kedatangan Presiden ke KWBT. Menurut Arief, Kawasan Wisata Mandeh sendiri merupakan potensi wisata yang sudah cukup lama ditemukan.

"Ini seperti Raja Ampat versi Sumatera, banyak potensi yang bisa digali dari sini," kata Arief.

Kawasan Mandeh adalah kawasan wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang berjarak 56 kilometer dari Kota Padang. Kawasan seluas 18 ribu hektare ini terletak di 13 Nagari sepanjang pesisir barat Sumatera serta sembilan pulau-pulau kecil dan laut di depannya.

Tak hanya bisa menikmati pemadangan yang ada, para pengunjung juga bisa melakukan olahraga paralayang dari atas puncak bukit, wisatawan juga dapat melakukan beragam aktifitas air seperti berenang, berkayak keliling pulau, speedboat, atau menyelam karena banyak terdapat terumbu karang yang indah. (gir)