Pengusaha Bayar Rp 31 Miliar Untuk Makan Siang Dengan Buffet

Reuters, CNN Indonesia | Minggu, 07/06/2015 01:10 WIB
Pengusaha Bayar Rp 31 Miliar Untuk Makan Siang Dengan Buffet Lelang makan siang bersama Warrent Buffet diadakan untuk membantu yayasan amal di San Francisco. (Reuters/Rick Willing)
Los Angeles, CNN Indonesia -- Pimpinan satu perusahaan China yang mengembangkan games daring sepakat membayar US$2,345 juta untuk makan siang dengan investor miliuner Warren Buffet yang ditawarkan dalam lelang untuk amal.

Lelang ini adalah tahun ke-16 bagi Yayasan Glide, satu organisasi nirlaba di wilayah Tenderloin San Francisko yang menyediakan makanan, layanan kesehatan, rehabilitasi dan layanan lain bagi kaum miskin dan gelandangan.

Glide mengatakan Zhu Ye, pimpinan Dalian Zeus Entertainment Co, memberi tawaran tertinggi dari 76 tawaran pada lelang lima hari di eBay, yang berakhir Jumat (5/6).


Penawarannya itu jauh lebih rendah dari angka US$3,456 juta dalam lelang tahun 2012 dan masih menjadi rekor harga lelang tertinggi dalam lelang amal eBay. Namun, Glide berhasil memenuhi anggaran tahunan sebesar US$16 juta karena enam lelang yang ditawarkan berhasil mengumpulkan dana US$20,2 juta.

“Kami mencoba memberdayakan anggota kami, dan memastikan mereka memiliki sedikit harapan,” kata Pendeta Cecil Williams, salah satu pendiri Glide, setelah lelang berakhir. “Kami merasa gembira ketika angka terakhir diumumkan.”

Pemenang lelang ini boleh mengajak hingga tujuh orang untuk makan siang bersama Buffet di restoran Smith & Wollensky di Manhattan, New York.

Buffet, 84 tahun, akan membicarakan berbagai topik termasuk beramal dan kehidupan, tetapi tidak mengenai apa yang dia beli atau jual.

Sejumlah pemenang lelang sebelumnya memilih untuk makan bersama Buffet di rumah makan daging bakar di Omaha, Nebraska, tempat dia menjalankan Berkshire Hathaway Inc selama 50 tahun.

Lelang ini dimulai pada 2000 setelah isteri pertama Buffet Susan memperkenalkannya pada Glide. Susan meninggal pada 2004.

Pemenang tiga lelang pertama membayar kurang dari US$25 ribu, tetapi harga naik pesat setelah lelang itu diadakan di daring pada 2003.

Salah satu pemenangnya, Ted Weschler akhirnya bekerja untuk Buffet sebagai manajer portofolio Berkshire setelah membayar US$5,25 juta untuk memenangkan lelang 2010 dan 2011.

Tahun ini hanya delapan orang mengajukan penawaran, kemungkinan karena di hari pertama penawaran mencapai tujuh digit.

Majalah Forbes menyebutkan Buffet memiliki kekayaan US$69,2 miliar. (yns)


ARTIKEL TERKAIT