Perta Arun Gas Terima Pasokan dari Blok Tangguh

Giras Pasopati, CNN Indonesia | Jumat, 26/06/2015 11:09 WIB
Perta Arun Gas Terima Pasokan dari Blok Tangguh Pekerja menyelesaikan proyek Arun LNG Receiving Hub & Regasification Terminal di Lhoksemauwe, Provinsi Aceh, Sabtu (27/9). (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Guna menopang suplai gas dan listrik di wilayah Sumatera bagian Utara, PT Perta Arun Gas, selaku pengelola Terminal Penerimaan, Hub, dan Regasifikasi LNG Arun, menerima kargo LNG kelima dari Kilang LNG Tangguh dengan volume sekitar 138.000 m3.

Direktur Utama Perta Arun Gas Teuku Khaidir mengatakan sejak menerima kargo perdana pada 19 Februari 2015, Terminal Penerimaan, Hub, dan Regasifikasi LNG Arun telah beroperasi dengan aman dan lancar.

“Kami akan meneruskannya untuk secara konsisten menjaga kesinambungan operasinya. Apalagi, terhitung sejak 10 Juni 2015 Perta Arun Gas sudah 100 persen mengoperasikan fasilitas ini, setelah sebelumnya bekerjasama dengan Rekayasa Industri selaku kontraktor EPC,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (26/6).

Anak perusahaan PT Pertamina Gas tersebut menyatakan LNG itu akan dialirkan kepada pembangkit listrik PLN di Belawan melalui pipa transmisi gas Arun-Belawan.

“Dengan masuknya kargo LNG yang kelima ini, serapan gas PLN akan kembali meningkat menjadi di atas 90 MMSCFD, dari rata-rata sebelumnya sekitar 75 MMSCFD. Sesuai dengan kontrak, pasokan gas untuk PLN akan meningkat secara bertahap hingga ke depannya akan mencapai stabil pada level 105 MMSCFD,” ungkapnya.

Terminal Penerimaan, Hub, dan Regasifikasi LNG Arun diklaim akan menjadi sumber tumpuan utama bagi pemenuhan kebutuhan gas industri dan listrik, tidak hanya di wilayah Aceh, tetapi juga wilayah Indonesia lainnya.

Dengan potensi kapasitas storage LNG sebesar 12 juta ton per tahun, Terminal Penerimaan, Hub, dan Regasifikasi LNG Arun memungkinkan Pertamina untuk mencari sumber pasokan LNG dari berbagai sumber serta memasok berbagai destinasi pasar, dengan kebutuhan domestik sebagai prioritas utama.

Sekadar informasi, selain telah mendapatkan komitmen pasokan dari kilang-kilang LNG domestik, Pertamina juga sudah memastikan pasokan dari sumber-sumber luar negeri. Pertamina mendapatkan kepastian pasokan LNG dari Cheniere Corpus Christi, Amerika Serikat sebanyak 1,5 juta ton mulai 2019 selama 20 tahun, juga dari Afrika sebanyak 1 juta ton per tahun, mulai 2020 untuk jangka waktu 20 tahun


(gir/gir)