Bulan Ini, General Motors Indonesia Dipimpin Bos Baru

Galih Gumelar, CNN Indonesia | Kamis, 02/07/2015 10:45 WIB
Bulan Ini, General Motors Indonesia Dipimpin Bos Baru Gaurav Gupta, Presiden Direktur PT General Motors Indonesia (GM) yang baru. (Dok. General Motors)
Jakarta, CNN Indonesia -- General Motors mendaulat Gaurav Gupta sebagai Presiden Direktur PT General Motors Indonesia (GM) yang baru. Gupta yang sebelumnya menjabat sebagai Managing Director GM Vietnam menggantikan Michael Dunne yang pada Februari 2015 lalu mengundurkan diri.

Tim Zimmerman, Presiden General Motors South Asia Operations mengumumkan penunjukan Gupta yang akan mulai menduduki posisi barunya awal Juli 2015.

“Dalam jabatan barunya, Gupta akan membawa pengalamannya yang mumpuni dalam bidang penjualan, pengembangan bisnis, dan transformasi bisnis,” kata Zimmerman melalui keterangan resmi dikutip Kamis (2/7).


Menurut Zimmerman, alasan dipilihnya Gupta sebagai bos GM Indonesia karena dinilai memahami situasi industri otomotif di Asia Tenggara dan memiliki catatan keberhasilan dalam memimpin bisnis otomotif.

Gupta telah menjabat sebagai Managing Director General Motors Vietnam semenjak 2011. Selama di GM Vietnam, ia dinilai sukses memimpin perubahan unit bisnis dari Vietnam Daewoo Motor Company (VIDAMCO) menjadi General Motors Vietnam, mendirikan keberadaan merek Chevrolet, dan mengintegrasikan sistem operasional GM Vietnam ke negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Sebelumnya mantan Direktur GM Indonesia Michael Dunne mengundurkan diri dari jabatannya menyusul keputusan perusahaan otomotif asal Amerika Serikat itu menutup pabrik Chevrolet Spin di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat per Juni 2015.


Manajemen GM kemudian menunjuk seorang direktur sementara untuk memimpin GM Indonesia yaitu Pranav Bhatt.

Produsen mobil Chevrolet ini memutuskan untuk menghentikan kegiatan produksi Chevrolet Spin dan memilih menjadi distributor atau importir kendaraan jadi. Transformasi bisnis ini berdampak pada dirumahkannya 500 karyawan pabrik Pondok Ungu, Bekasi. (gen)