Arus Mudik di Pelabuhan Semayang Berjalan Lancar

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Sabtu, 18/07/2015 07:11 WIB
Arus Mudik di Pelabuhan Semayang Berjalan Lancar Penumpang kapal Lambelu tujuan Pare-pare dan Makassar yang mulai didominasi para pemudik di pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (28/6). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelaksanaan arus mudik lebaran 2015 di Pelabuhan Semayang Balikpapan yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berlangsung lancar. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bobby R. Mamahit menilai jumlah kapal yang tersedia bisa menampung calon pemudik baik ke arah Jawa maupun Sulawesi Selatan.

"Kita bersyukur, semuanya berjalan lancar tanpa kendala apapun. Ini berkat kerjasama semua pihak, seperti pengelola pelabuhan, pemilik kapal, KSOP dan pihak kepolisian," kata Bobby dikutip dari laman Kemenhub, Sabtu (18/7).

Bobby mengatakan beberapa kapal yang secara rutin mengangkut penumpang dari Pelabuhan tersebut antara lain KMP Bukit Siguntang milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) yang mampu mengangkut 2.800 penumpang, KMP Dharma Kartika IX tujuan Surabaya yang mampu menampung 800 penumpang, serta KM Labobar yang juga milik Pelni.


"Laporan dari KSOP dan Pelindo III semuanya terangkut, tidak ada yang tertinggal," jelas Bobby.

Menurut Bobby, arus mudik lebaran dari Balikpapan tahun ini memang terjadi penyebaran. Pemudik tidak hanya mengandalkan angkutan transportasi laut, tapi juga udara.

Di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, selama periode mudik tercatat ada tambahan 6 ribu penumpang yang dilayani bandara tersebut. Kondisi ini dapat mengurangi beban angkutan laut.

Sementara itu Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Balikpapan Sugeng Wibowo yang juga koordinator angkutan lebaran mengatakan, faktor keselamatan dan kemananan di Pelabuhan Semayang cukup terkendali. Berkat kesiapan aparat kemananan, berhasil ditangkap enam orang copet yang kemudian diserahkan kepada pihak yang berwajib. (gen)