BI Prediksi Ekonomi Tumbuh 4,85% di Kuartal III

Resty Armenia, CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2015 19:43 WIB
BI Prediksi Ekonomi Tumbuh 4,85% di Kuartal III Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro bersama Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) meyakini perekonomian Indonesia bisa tumbuh 4,85 persen pada kuartal III 2015 jika didukung reformasi struktural .  

"Indonesia bisa membuktikan di kuartal III bisa berbalik jadi 4,85 persen. Apabila didukung upaya reformasi struktural akan membawa kinerja yang lebih baik," ujarnya di Istana Kepresidenan, Kamis (22/10).

Menurutnya, negara-negara di dunia tengah memperhatikan dinamika ekonomi negara berkembang, termasuk Indonesia. Apabila terbukti, Agus menilainya sebagai titik balik positif perekonomian nasional setelah melambat pada kuartal II dengan hanya tumbuh 4,7 persen.


"Kalau ekonomi bisa tumbuh 4,85 persen. Ini adalah turning point karena negara di dunia sedang perhatikan negara berkembang," tuturnya.

Sebelumnya, Bank Dunia mengingatkan Indonesia akan sejumlah ancaman yang dapat mengganggu perekonomian nasional. Antara lain pelemahan perdagangan global, rendahnya harga komoditas serta melambatnya pertumbuhan investasi maupun konsumsi domestik hingga El Nino dinilai menjadi tantangan.

Dalam laporan kuartalan yang dibuatnya, Indonesia Economic Quarterly (IEQ) yang berjudul 'Di Tengah Volatilitas Dunia', Bank Dunia menjelaskan saat ini perekonomian Indonesia harus menghadapi volatilitas dunia yang mempersulit pertumbuhan.

Kendati demikian Bank Dunia tetap memuji upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas belanja melalui pemberian stimulus seperti paket kebijakan. Stimulus ini diharapkan mampu membantu Indonesia mengarungi tahun depan. (ags/gen)